Neymar Jatuh Bangun, Brazil Ditahan Imbang Swiss

Kedudukan pun belum berubah. Brasil masih unggul 1-0 melalui tendangan indah Coutinho dari luar kotak penalti.

Babak Kedua
Sundulan Steven Zuber membuat Swiss menyamakan kedudukan di babak kedua.
Sundulan Steven Zuber membuat Swiss menyamakan kedudukan di babak kedua. (AFP)

Swiss yang ingin mencetak gol penyama kedudukan, membuka babak kedua dengan tekanan ke pertahanan Brasil. Memperagakan permainan umpan pendek cepat, Swiss langsung menciptakan peluang melalui sebuah tendangan sudut pada menit 49.

Peluang ini dimanfaatkan dengan maksimal oleh Steven Zuber. Berada tak terkawal di depan gawang Alisson, Zuber dengan mudah menanduk bola ke dalam gawang. Swiss sukses menyamakan kedudukan 1-1 di awal babak kedua.

Brasil segera bangkit. Coutinho sempat membuat situasi genting di pertahanan Swiss melalui tendangan kerasnya. Bola sampai di kaki Neymar yang langsung menendangnya dengan keras. Namun masih bisa diblok pemain Swiss. Hanya menciptakan tendangan sudut.

Skuad Swiss tampaknya diinstruksikan untuk mengawal ketat setiap pergerakan Neymar. Tak kurang dari tiga pemain Swiss yang harus mendapat kartu kuning karena melakukan pelanggaran terhadap penyerang Paris Saint-Germain tersebut.

Strategi ‘sacrifice’ ini memang berjalan cukup efektif untuk menghentikan manuver Neymar. Sang megabintang tak bisa memberi banyak kontribusi di laga ini. Selain memaksa pasukan Swiss mendapat kartu kuning akibat melanggar dirinya.

Namun, Brasil masih memiliki pemain andal lainnya. Masih ada Coutinho yang sempat menciptakan peluang di menit 65. Sayang tendangannya kali ini justru melengkung menjauhi gawang.

Menjelang akhir pertandingan, Swiss mulai mengubah strategi dengan lebih banyak melakukan serangan balik. Tampaknya mereka sadar Brasil bakal berusaha meraih kemenangan dengan fokus dalam menyerang. Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Behrami dan kolega dengan melakukan serangan balik cepat.

Brasil memang menggencarkan serangan mereka di 10 menit terakhir laga. Di antaranya berhasil menciptakan peluang melalui Neymar. Peluang terbaik pertama Neymar di laga ini masih bisa ditangkap dengan baik oleh Sommer.

Peluang emas kembali didapatkan Selecao di menit 90. Dalam sebuah situasi skrimit, Miranda menyambut bola rebound dengan sebuah tendangan memantul. Tendangannya hanya mengarah ke samping tiang gawang Sommer.

Tinggalkan Balasan