Debat Publik ke-3, Paslon Peserta Minta Jaminan Keselamatan

Disisi lain, Indera menying­gung soal tempat debat yang menurutnya sebaiknya dibi­kin nyaman baik untuk pa­sangan calon maupun pen­dukung atau relawan. Men­urutnya, pada debat sebelum­nya tempat debat sangat tidak nyaman, sehingga menambah kondisi tidak kondusif.

”Apalagi kesulitan membendung relawan dan pendukung yang mulai bereaksi atas tindakan yang dinilai tak mengenakan atau menyinggung. Tentu kami ber­harap KPU dan Polda Jabar da­pat memberikan solusi atas permasalah ini,” katanya.

Menanggapi hal itu Kasubdit Politik Polda Jabar, AKBP Ade Solihin mengatakan, untuk keamanan pada acara debat publik yang ketiga ini pihaknya berjanji akan membuat kon­disi aman dengan cara lebih memperketat pengawasan saat debat berlangsung ataupun pengawasan pada arus keluar masuk gedung.

”Dan terutamanya akan membatasi orang yang masuk ke dalam ruangan debat ber­langsung. Karena kami meli­hat hal tersebut sangat ber­potensi konflik apabila jum­lah orang tidak dibatasi,” katanya.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat mengatakan menge­nai jaminan keamanan, pi­haknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada Polda dan Bawaslu Jabar. Sementara untuk mengantisipasi mun­culnya konflik atau pertikaian, KPU Jabar akan tegas melarang baik pasangan calon maupun tim kampanye dan pendu­kungnya untuk tidak mem­bawa APK terutamanya yang dinilai berbahaya.

“Seperti spanduk yang ada bambunya, dan APK lain ka­rena ada rasa kekhawatiran bambu atau benda yang mele­kat pada APK yang dibawa itu bisa menggorok leher atau mencederai orang lain nanti,” tuturnya.

Oleh karena itu, KPU Jabar mengimbau kepada seluruh pasangan calon dan tim pen­dukungnya untuk tidak men­coba membawa APK dan BK di dalam gedung tempat dilaksanakannya debat publik. ”Yang diperbolehkan APK dan BK diluar gedung saja, itu dipersilakan,” katanya.

Adapun untuk lokasi debat, saat ini KPU Jabar berencana akan melaksanakannya di Ball Room Sudirman pada 22 Juni 2018, dengan waktu di­rencanakan pukul 19.00 atau setelah berbuka. (mg2/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan