Jadi Ciri Khas, Pernah Dinikmati Presiden Soekarno

Elin pun melakukan ino­vasi dari manisan Kalua Jeruk yang biasa dibuat oleh nen­eknya itu. Dari semula hanya satu varian rasa yakni berwarna hitam gula merah, fia mengembangkan varian rasa lainnya, yakni rasa gula merah mocca, durian, stroberi, me­lon, jeruk dan vanila. Rata rata para penual manisan Kalua Jeruk disepanjang Jalan Raya Ciwidey itu antara Rp 40 ribu hingg Rp 60 ribu per­kilogram.

“Kalau bahan baku kulit jeruk Bali, ada orang khusus men­carinya ke pedesaan atau bukit bukit. Seperti di daerah Ran­cabali, Cililin,Rawabogo bah­kan sampai ke Jatinangor. Jeruk yang dibuat manisan atau kalua itu yang masih muda, kulitnya tebal enggak ada jeruknya. Jeruk Bali yang masih muda inilah yang diolah jadi manisan kalua jeruk,” ujarnya.

Keputusan Elin ternyata tepat, usaha pembuatan ma­nisan Kalua Jeruknya itu ber­kembang pesat. Banyak orang yang menjadikan Kalua Jeruk sebagai oleh oleh sepulang berwisata dari Ciwidey dan sekitarnya. Karena semakin banyak orang yang menyukai Kalua Jeruk buatannya, bia­sanya tak kurang dari 1 kwin­tal perhari kulit jeruk Bali yang diolah menjadi manisan Ka­lua Jeruk khas Ciwidey itu. Langkah Elin ini diikuti oleh adik adik dan saudaranya, mereka pun membuka toko dan menjual Kalua Jeruk di sepanjang jalan itu.

”Dulu dalam sehari tak ku­rang dari 1 kwintal kulit jeruk yang saya olah jadi manisan. Tapi sejak dua atau tiga tahun terakhir ini produksi terus menurun, sekarang mah 1 kwintal itu dalam satu atau dua minggu. Banyak faktor penyebab turunnya omzet penjualan kami turun, ter­masuk galian pipa SPAM Gambung yang galian tanah­nya bikin macet dimana mana,”katanya.

Seiring berkembang pesat­nya kawasan objek wisata Bandung Selatan, Elin dan para pedagang lainnya dise­panjang Jalan Raya Ciwidey, berharap bisa kecipratan re­jeki. Sayangnya, meski saat ini akses ke kawasan objek wisata Bandung Selatan se­makin mudah dengan hadir­nya Jalan Tol Soreang-Pasir­koja (Soroja). Tol Soroja tak kunjung memberi tuah re­jeki kepada mereka.

Tinggalkan Balasan