Polda Jabar Pantau Misa di Gereja Katedral

BANDUNG – Kepolisian daerah (Polda) Jawa Barat, melakukan pengamanan sejumlah tempat ibadah pasca teror di Kota Surabaya, Jawa Timur pekan lalu. Salah satunya dengan mengunjungi Gereja Katedral di Jalan Merdeka, Kota Bandung.

Menurut Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Maryoto, kunjungannya dilakukan untuk memberikan rasa aman terhadap umat yang sedang melakukan ibadah, kemarin (20/5).

Sebelumnya roombongan mengunjungi gereja ST Laurentius di Jalan Setiabudi Bandung, kemudian Gereja Kathedral di Jalan Merdeka Kota Bandung. Setelah Selesai di gereja Katedral rombongan Kapolda kembali mengunjungi gereja HKBP di Jalan Riau Bandung.

Agung mengatakan, kunjungannya terkait kordinasi pengamanan tempat ibadah pascateror di Kota Surabaya, Jawa Timur pekan lalu. Di Kathedral, Agung tampak berbincang dengan sejumlah jemaat hingga pastor gereja.

”Ini kunjungan silaturahmi, kalau pengamanan sudah rutin dilakukan. Pasca kejadian di Surabaya. Tentu keamanan ditingkatkan, jumlah kekuatan personel dan alat perlengkapannya ditambah untuk meyakinkan Bandung aman,” kata Agung.

Menurut Agung, pengamanan ditingkatkan dengan penambahan personel polisi agar meyakini aksi teror tidak akan terjadi di wilayah Bandung sekitarnya. Dia juga meminta masyarakat untuk tidak takut dan tidak perlu merasa terganggu dengan kehadiran polisi di gereja karena dalam rangka pengamanan, agar umat nasrani yang sedang melaksanakan kebaktian gereja merasa aman dengan kehadiran Polisi.

”Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di kota Bandung. Mari sama-sama perangi terorisme. Masyarakat harus kuat dan berani. Polisi bersama masyarakat kerja sama, jika ada hal-hal mencurigakan laporkan dan polisi akan bertindak,” tegasnya.

Dihubungi wartawan, kepala Paroki Gereja Katedral Bandung Pastor Barnabas Nono Juarno bersyukur dengan kunjungan yang dilakukan pihak kepolisian. Sebab hal itu bisa menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi semua jemaat.

”Tentu harapan kita semua sebagai anak bangsa diajak untuk menghadirkan kontribusi terbaik menjaga dan menghadirkan keamanan, kenyamanan, menghadirkan kasih dan persaudaraan antara sesama kita. Karena NKRI ini dibangun sedemikian rupa atas darah para pahlawan kita yang telah berjuang. Kita harus menjaga pengorbanan dan perjuangan mereka saat ini,” sambut Nono.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan