Kunafe Lakukan Bersih Sungai Cikapundung

BANDUNG – Bandung Kunafe berencana akan melakukan kegiatan bersih-bersih sungai Cikapundung. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kecintaan serta keprihatinan terhadap kondisi sungai yang menjadi drainase dan berada di pusat Kota Bandung tersebut cenderung kotor.

Kegiatan bertajuk Bandung Kunafe Cikapundung atau “Cinta ka Bandung Teu Kabendung” tersebut rencananya baru akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang. Bandung Kunafe akan melakukan bersih-bersih sungai Cikapundung dimulai dengan membersihkan wilayah hulu, yaitu Curug Ciomas hingga ke hilir yang berada di Sungai Citarum.

Owner Bandung Kunafe, Irfan Hakim mengatakan, pihaknya mengaku bersyukur karena sudah mendapatkan tempat dan penerimaan dari masyarakat Kota Bandung dengan adanya Bandung Kunafe. Sebagai bentuk kecintaan terhadap Kota Bandung, Irfan merasa perlu memberikan bukti nyata, yaitu dengan melakukan bersih-bersih Sungai Cikapundung.

“Juli kita menggerakkan masyarakat untuk mengumpulkan sampah yang bisa didaur ulang, kemudian kita bantu jual ke vendor dan hasilnya kita balikin lagi ke mereka,” kata Irfan di Bandung (12/05).

Irfan mengungkapkan, sampah-sampah tersebut sengaja dikumpulkan agar masyarakat tidak langsung membuang ke sungai. Sebab, selama ini membuang langsung sampah ke sungai menjadi kebiasaan buruk yang masih dilakukan masyarakat. Dirinya menilai perlu edukasi yang tidak hanya sebentar untuk mengubah kebiasaan tersebut.

“Bentuk nyata yang kami lakukan adalah mengumpulkan Kunafens untuk datang bawa lima jenis sampah dan kita kasih potongan harga,” kata dia.

Dalam kegiatan tersebut, Bandung Kunafe juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan serta mengajak semua ketua RW di Kota Bandung agar memberi edukasi pada masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. Selain itu, Bandung Kunafe rencananya akan turun secara langsung ke sungai Cikapundung untuk melakukan bersih-bersih.

“Insyaallah, nanti Kunafens kita kerahkan juga karena para pelanggan Kunafe cukup solid dan saya bersama dengan Omes pun bisa terjun langsung ke Cikapundung. Ngasih contoh atuh, maenya ngan ngomong hungkul,” kata dia.

Dikatakan Irfan, bentuk mencintai lingkungan lainnya juga dilakukan Bandung Kunafe dengan mengajak mengurangi penggunaan kantung plastik. Sebab, jika para Kunafens membeli enam box produk Kunafe, maka akan diberikan Goddy Bag yang bukan berbahan plastik. Selain itu, untuk pembelian berikutnya juga akan mendapatkan potongan harga sebesar lima persen.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan