Melatih Kemampuan Berpikir Logis dengan Software Gratis

Tak hanya itu, scratch juga menyediakan Website khusus untuk membagi hasil karya peserta didik dengan anak-anak lain di seluruh dunia. Mereka bisa saling memberikan masukan ataupun saling berbagi ide dan hasil karya dalam web ini, dan itu semua adalah gratis.

Dengan scratch, peserta didik dapat memprogram cerita interaktif, permainan, dan animasi sendiri, dan berbagi kreasi dengan orang lain di komunitas online. Scratch membantu peserta didik belajar berpikir kreatif, berpikir secara sistematis, dan bekerja secara kolaboratif untuk kehidupan di abad ke-21.

Dengan menggunakan scratch ini para peserta didik dilatih untuk berpikir secara kreatif dengan fasilitas yang telah disediakan dalam program. Mereka bisa membuat gambar secara mandiri, atau mengambil dari gambar yang sudah tersedia yang kemudian dikelola untuk digunakan membuat game ataupun animasi.

Dalam pembuatan permainan dalam scratch ini peserta didik dituntut untuk mampu berpikir secara sistematis dan juga logis, berpikir tentang bagaimana game itu akan dirancang, dibuat, dan juga dicoba. Salah satu game yang sederhana adalah game tembak-tembakan, dalam game ini peserta didik akan membuat sebuah senjata untuk melumpuhkan para monster yang berkeliaran dan mengganggu manusia. Monster yang muncul akan bergerak tanpa henti sampai peluru dari senjata mengenainya dan kemudian monster tersebut menghilang. Kondisi bagaimana peluru keluar, kemudian monster mati dan menghilang semua dibuat melalui kode-kode program dalam scratch. Penulisan kode tersebut adalah dalam bentuk puzzle-puzzle code. Sehingga dengan puzzle ini para peserta didik akan lebih menyenangi ketimbang memasukan kode program dalam bentuk teks.

Perintah-perintah dalam bahasa program seperti pengulangan, pemilihan, pengkondisian dan yang lainnya ditampilkan dalam bentuk puzzle. Para peserta didik hanya tinggal menyeret perintah tersebut ke area program, dan kemudian menyatukan dengan perintah lainnya sesuai dengan kondisi yang diinginkan.

Dengan menggunakan scratch ini, para peserta didik dilatih untuk bisa bekerjasama, terutama saling berbagi melalui website yang sudah disediakan. Dengan fasilitas dalam web ini, para peserta akan bisa melihat hasil karya anak-anak lainnya diseluruh dunia, dan juga bisa mengerjakan projek secara bersama-sama, mereka bisa saling berbagi ide dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, para orang tua pun bisa ikut memantau setiap pekerjaan buah hatinya melalui website ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan