DPD Dorong Bank Syariah di Jabar

”DPD diharapkan hadir dan membantu baik dalam bentuk pendekatan kepada pemerintah atau kebijakan lain yang secara nyata membantu perbankan syariah ini, maju dan berkembang demi mendukung pembangunan ekonomi syariah,” jelasnya.

Siska menjelaskan beberapa kendala yang kini dihadapi perbankan syariah. Diantaranya, kompetensi SDM bank syariah yang memahami perbedaan bank syariah dengan bank konvensional secara komprehensif sehingga eksekusinya benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

”Selain itu, masalah literasi dan inklusi yang berkaitan dengan kesadaran masyarakat. karena yang potensi besar ini ternyata 99 persen itu adalah masyarakat yang rasional. Mereka bertanya, bank syariah kok besar sekali pembiayaannya, lalu apa bedanya dengan bank konvensional. Ini tantangan lagi buat perbankan syariah yang harus dijelaskan kepada masyarakat, return bukan berarti dalam bentuk nominal tapi keafdolan, haqqul yakin (keyakinan) bahwa ini sesuai dengan syariat islam, belum lagi dukungan IT yang belum maksimal sehingga konsep bank syariah sering dianggap jadul, ini tantangan juga,” terangnya.

Siska menandaskan, DPD siap mendorong pemerintah agar memberikan dukungan yang konkrit untuk pengembangan perbankan syariah. ”Kami akan mendorong pemerintah dan masyarakat untuk lebih menyadari. Bahwa konsep syariah ini adalah konsep yang baik buat masyarakat. Dari sisi regulasi pun bisa dibuat catatan, apakah perlu ada revisi untuk membuat perbankan syariah ini lebih punya peluang makin berkembang,” tegasnya.

Direktur Komersial dan UMKM Bank bjb Agus Gunawan menyambut positif kunker Komite IV DPD RI ke Jabar terkait pengembangan perbankan syariah. ”Kami menyambut positif kunjungan DPD ini sehingga kita ada komunikasi dan sinkronisasi yang baik, sesuai tupoksinya. DPD harus mendengarkan aspirasi dari daerah,” tutur Agus.

Untuk menggali potensi besar perekonomian Jabar, menurut Agus, bank-bank syariah butuh keberpihakan dari semua pihak. ”Tidak hanya pemegang saham, melainkan kebijakan riil dari pemerintah untuk membantu bank syariah. Kalau bjb Insha Allah mendukung tumbuh kembangnya bjb syariah, sehinga maju dan berkembang lebih besar lagi,” ungkap Agus. (him/ign)

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan