Desa Nagrog Lakukan Penataan Berbasis Lingkungan

’’ Nah ini merupakan kawasan konservasi dan kawasan edukasi yang berpotensi berkembang menjadi kawasan wisata nantinya,”ucap dia.

Kawasan Taman kehati nantinya terletak di Kampung Ciseupang DesaNagrog, atau tepatnya di Blok Pasirwedang, dengan luas lahan sekira 10 hektar. Bahkan, untuk Detail Enginering Design (DED) sudah selesai pada Desember 2017 lalu.

’’ kami mohon doanya semoga rencan dan program untuk kesehjahteraan warga desa bisa terwujud dengan baik dan amanah,”pungkas Gun Gun (adv/mg4/yan)

Bumdes Nagrog Miliki Aset Rp 1,9 Miliar

CICALENGKA – Badan usaha Milik Desa (Bumdes) yang di kembangkan Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka kini memiliki aset Rp 1,95 miliar lebih.

JADI PERCONTOHAN: Bumdes yang di kembangkan Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka kini memiliki aset Rp 1,95 miliar lebih.

Bumdes dikelola dengan swadaya oleh masyarakat desa sehingga memberikan kontribusi signifikan bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Nagrog.

Ketua Bumdes Turniawan Suhandi mengatakan, Bumdes Desa Nagrog bernama, Sumber Sejahtera. Dalam pngelolaannya Bumdes memanfatkan potensi lokal desa dengan memberdayakan pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro.

Menurutnya, Bumdes dibentuk pada 2008 melalui Perdes nomor 3 tahun 2008. Bahkan, saat ini Bumdes menyediakan pelayanan unit Simpan Pinjam Syariah (USPS) dengan sasaran pelaku usaha kecil milik warga.

’’ Alhamdulilah sekarang Bumdes Desa Nagrog berkembang sangat pesat dan bisa membantu memberdayakan perekonomian masyarakat,”jelas dia.

Dirinya menyebutkan, pada laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2017 jumlah anggota aktif pada Bumdesnya sebanyak 1176 orang, dengan dengan besar dana yang digulirkan sebesar Rp. 1.864.600.000.

Untuk pengelolaan keuangannya, lanjut dia manejemen dikelola secara profesional dengan dukungan dari pemerintah Desa (Pemdes) berupa sokongan penyertaan modal yang ebrsumber dari dana desa.

Turniawan menambahkan, salah satu yang menjadi kebanggaan adalah Bumdes Sumber Sejahtera sering dikunjungi oleh desa lain untuk diadakan studi banding. Bahkan, belum lama ini pernah kedatangan pengurus Bumdes dari Desa Babusalam Kabupaten Aceh Tenggara.

’’ Ini sebagai kebanggan bahwa Bumdes Sumber Sehjahtera namanya sudah dikenal dan dijadikan percontohan bagi desa lainnya,”pungkas Turniawan (adv/mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan