Berikan Anggaran untuk Kecamatan Saguling

NGAMPRAH – Kecamatan Saguling merupakan wilayah yang baru terbentuk membutuhkan penataan infrastruktur untuk menunjang sarana dan memberikan fasilitas kepada masyarakat setempat.

Kepala Bagian Pembangunan Setda KBB Iyep Tamchur Rahmat mengatakan, untuk pentaaan Pemkab Bandung Barat memberikan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar untuk menata kawasan di sekitar Kantor Kecamatan Saguling.

’’ Penataan itu meliputi pembangunan plasa dan gedung olahraga sebagai sarana untuk warga,”jelas Iyep kepada wartawan kemari (25/2)

Dirinya mengatakan, untuk pembangunan infrastruktur jalan pihaknya juga sudah mengalokasikan pada APBD di tahun ini. Bahkan, dengan bantuan dan dari Coorporate Social Responbility (CSR) diharapkan akan lebih merata.

Iyep menyebutkan, untuk pembangunan plasa direncanakan sekitar Rp 700 juta, sedangkan untuk GOR sekitar Rp 400 juta. Dengan demikian, APBD yang disiapkan untuk fasilitas Rp 1,2 miliar.

Dirinya memaparkan, di tahun ini pembangunan akan segera dilaksanakan meliputi halaman kantor untuk tempat upacara dengan ukurannya 75×100 meter.

Selain itu, pembangunan aula atau GOR di belakang kantor kecamatan ditambah lagi pembangunan infrastruktur jalan.

Pembangunan jalan di Saguling, lanjut dia, merupakan kelanjutan dari pembangunan jalan Purabaya-Jati-Saguling, yang masih tersisa sekitar 1,5 kilometer.

’’ Nah kalau pembangunan jalan di Saguling yang menggunakan dana CSR itu panjangnya 3,5 kilometer hingga ke kantor kecamatan. Belum lagi ditambah 40 titik penerangan jalan umum (PJU),’’papar Iyep.

Dirinya memastikan, pembangunan jalan saat ini tengah berjalan. Namun, untuk jalan yang bersumber dari APBD kemungkinan terlaksana pada Maret atau April. Sehingga, harapannya jika jalan ini jadi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

’’ Jalan ini nantinya akan banyak yang mengakses dari Cipongkor, Rongga, Sindangkerta, dan Gununghalu. Karena jalur lewat Saguling lebih dekat ke pusat kota dibandingkan lewat Cililin/Batujajar,’’ucap dia.

Iyep menambahkan, masyarakat Saguling juga lebih mudah untuk berpergian dan tidak lagi menggunakan perahu. Apalagi, kalah nanti Jembatan Pangauban diperbaiki.

Di tempat yang sama, Camat Saguling Asep Jarkasih menyatakan, dalam musyawarah rencana pembangunan telah diajukan pelebaran jalan satu meter di sisi kanan dan kiri, pada jalan utama di Saguling.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan