XL Axiata Bangun Jaringan Data Besar-Besaran

Tahun ini, XL Axiata berencana akan menambah jumlah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan di tahun 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE. Tahun 2017 yang lalu, caku­pan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata mencapai sekitar 93 persen, sementara laya­nan 4G mencapai 85 persen dari total populasi.

Untuk pengembangan ja­ringan dan juga penerapan teknologi jaringan terbaru & IT untuk memaksimalkan kualitas layanan, XL Axiata akan mengalokasikan 90 persen dari anggaran be­lanja modal (Capex) tahun 2018 yang sebesar sekitar Rp 7 triliun.

Dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axi­ata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17 ribu BTS 4G dan hampir 46 ribu BTS 3G.

Dalam pembangunan ja­ringan data tersebut, wi­layah di luar Pulau Jawa mendapatkan perhatian besar. Dari total BTS yang dibangun sepanjang 2017, 60 persen di antaranya be­rada di luar Jawa. Pembangu­nan jaringan data di luar Jawa berhasil meningkatkan kualitas layanan dan juga perluasan wilayah layanan.

Dari total 53,5 juta pelanggan XL Axiata per ahir tahun 2017, tercatat 72 persen dari total pelanggan atau 38,3 juta pe­langgan telah menggunakan smartphone. Angka ini me­ningkat 32 persen dari ca­paian tahun lalu. Sementara itu, jumlah pelanggan yang aktif mengkonsumsi layanan data juga telah mencapai 73 persen, seiring dengan terus semakin baiknya kualitas layanan Data dan pembangu­nan jaringan data di berbagai wilayah. (a2/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan