Siswa Peminat SNM PTN Naik

Sebagai gambaran tahun lalu kampus Unpad Bandung menjadi PTN dengan pendaftar tertinggi. Tercatat ada 39.388 siswa melamar di kampus Unpad. Disusul berikutnya oleh Universitas Brawijaya Malang (33.850) dan Universitas Diponegoro Semarang (32.085).

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan SNM PTN merupakan seleksi berasis prestasi siswa. Masing-masing rektor diberikan kewenangan untuk menjalankan seleksi berdasarkan data yang diinput siswa. Diantara data yang diinput adalah nilai rapor dari semester I sampai V.

’’Pelaksanaan SNM PTN dari waktu ke waktu sudah baik,’’ jelasnya. Dia menegaskan rektor memiliki hak penuh untuk menilai portofolio pelamar SNM PTN. Tahun ini kuota SNM PTN masih sama dengan tahun lalu sekitar 101 ribu kursi. Bagi siswa pelamar yang nanti tidak lulus SNM PTN, Intan mengatakan jangan berkecil hati. Sebab masih ada seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBM PTN) yang berbasis ujian tulis. Selain itu juga ada seleksi mandiri. (wan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan