Golkar Lolos Verifikasi

Setelah itu, KPU akan me­netapkan Parpol calon pe­serta pemilu 2019 yang lolos tahap verifikasi lapangan pada 17 Februari 2018.

Sementara itu, KPU telah menyelesaikan verifikasi fak­tual tingkat dewan pimpinan pusat (DPP) terhadap 12 par­tai peserta Pemilu 2014 ke­marin (29/1). Ada tujuh par­tai yang diverifikasi pada hari kedua tersebut. Yakni PDIP, PKB, Gerindra, Golkar, PKS, PPP, dan PKPI. Di an­tara tujuh partai tersebut, hanya PKPI yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik menjelaskan, PKPI dinyatakan BMS karena syarat keterwakilan perem­puan sebanyak 30 persen belum terpenuhi. Dari 32 pengurus di tingkat DPP, PKPI hanya memiliki sembilan pengurus perempuan. ”Se­harusnya, kalau 32 pengurus, 30 persennya itu 9,6 atau di­genapkan menjadi sepuluh orang,” ujarnya di kantor DPP PKPI, Jakarta, kemarin.

Meski demikian, KPU masih memberikan waktu kepada PKPI untuk melakukan per­baikan. Sebagaimana Pera­turan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2018, masa perbaikan dilakukan hingga 3 Februari 2018.

Ketua Umum PKPI Hendro­priyono mengaku sedikit ke­cewa atas fakta tersebut. Menurut dia, partainya keku­rangan satu perempuan ka­rena ada persoalan keluarga sehingga yang bersangkutan tidak bisa datang. Namun, dia tidak menjelaskan detail per­soalannya. ”Ini kan masalah keluarga, memang repot kita (baca: PKPI). Tetapi, kita usaha hadirkan,” ujarnya.

Hendropriyono menargetkan kader perempuan itu bisa dihadirkan ke kantor KPU hari ini. ”Kita mintalah sua­minya mengikhlaskan istrinya untuk cepat-cepat ke sini,” imbuhnya.

Sementara itu, kemarin dua partai yang dinyatakan BMS di tingkat DPP berhasil menun­taskan persyaratan. Yakni PBB yang kurang satu pengurus perempuan serta PAN yang menghadirkan bendahara umum dan satu pengurus perempuannya.

Komisioner KPU Wahyu Se­tiawan menuturkan, seusai verifikasi tingkat DPP dan pro­vinsi, partai tidak lantas berle­ha-leha. Mulai hari ini (30/1) pihaknya melakukan verifi­kasi di tingkat kabupaten/kota. ”Untuk verifikasi kabupaten/kota, ada tambahan verifikasi keanggotaan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Har­tarto merasa lega dengan status MS di tingkat DPP yang diraih partainya. Dia menga­presiasi kesiapan dan keha­diran hampir seluruh pengu­rus harian DPP Partai Golkar demi menyukseskan verifi­kasi oleh KPU. ”Perempuan dari 82, yang hadir 80,” katanya. (mg1/far/bay/c9/oni/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan