Operasi Pasar Belum Berpengaruh

CIMAHI – Tingginya harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) menimbulkan tingkat daya beli masyarakat menurun. Hal ini, berimbas pula pada para pedagang yang mengaku mengalami penurunan pembeli.

Salah satu pedagang di Pasar Atas Cimahi Agus Hambani, 50, mengatakan, kondisi ini sangat tidak menguntungkan para pedagang. Sebab, konsumen yang rata-rata membeli dalam jumlah banyak akhirnya membatasi.

Menurutnya, salah satu jalan untuk menstabilkan harga adalah dengan melakukan operasi pasar. Namun, untuk melakukan operasi pasar saat harga beras sedang melambung sedangkan operasi pasar yang dilakukan saat ini belum terasa dikalangan pedagang.

’’Sampai saat ini belum ada imbasnya terhadap perubahan harga. Bisa jadi karena spekulan masih bermain, jadi harganya tetap tinggi,’’ jelas dia.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar mengatakan, meski TPID dibentuk untuk menekan laju inflasi daerah untuk daerah tidak akan terlalu berpengaruh signifikan.

’’Kebijakan harga adanya di pemerintah pusat maka pengaruh di daerah tidak terlalu besar,’’ kata Benny.

Dirinya beralasan, belum efektifnya TPID di Kota Cimahi untuk menekan harga kebutuhan pokok, karena TPID di Cimahi baru dibentuk tahun 2015 setelah ada intsruksi dari Presiden Indonesia Joko Widodo.

’’Belum efektif 100 persen. Kan baru merintis hasil belajar ke beberapa daerah,’’ ujarnya.

Meski begitu, lanjut Benny, TPID Kota Cimahi sejauh ini sudah mulai dijalankan. Di antaranya adalah dengan menggelar Operasi Pasar (OP), upaya peningkatan pangan yang bekerja sama dengan daerah lain serta membina siswa di sekolah untuk menanam tanaman produktif.

’’Hasil belajar ke beberapa daerah sekarang sudah mulai diimplementasikan. Mudah-mudahan tahun depan sudah ada hasilnya,’’ jelasnya.

Selain itu, Menurut Benny, kenaikan yang terjadi di Kota Cimahi sebab Cimahi bukan merupakan daerah produsen. Selama ini, kota pecahan dari Kabupaten Bandung ini masih mengandalkan pasokan pangan dari daerah lain.

’’Hal itu juga tentunya menyulitkan bagi Pemerintah Kota Cimahi untuk menjaga kestabilan harga,’’ pungkas dia (ziz/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan