Warga Cimahi Bingung Buang Sampah

Saat ini, lanjut Djani, Kota Cimahi baru memiliki 6 TPS 3R di RW 09 Leuwigoong dengan 5 orang pekerja, RW 31 Melong dengan 3 orang pekerja, RW 16 dan RW 09 Cigugur Tengah dengan 6 orang pekerja, RW 04 Leuwigajah dengan 1 orang pekerja, RW 03 Cibeber dengan 4 orang pekerja, dan RW 16 Cibabat dengan 1 orang pekerja.

“Pekerja itu ada petugas TPS nya dan ada petugas pemilahan dan pengomposan. Dari enam TPS 3R itu, ada satu yang tidak aktif, yakni di Cibabat,” paparnya.

Djani berharap jika di setiap kelurahan minimal tersedia satu TPS 3R. Mengingat jumlah sampah yang dihasilkan rumah tangga di Kota Cimahi setiap tahunnya selalu meningkat. Dan jika kebutuhan untuk TPS dan TPS 3R sudah terpenuhi, maka Pemerintah Kota Cimahi harus mulai memikirkan untuk membangun TPS terpadu yang berfungsi menampung sampah rumah tangga skala kota.

“Kalau TPS Terpadu mungkin jadi rencana jangka panjang. Karena untuk saat ini Kota Cimahi kemungkinan belum bisa membangun TPS Terpadu. Selain terkendala lahan, anggaran yang dibutuhkan juga sangat besar,” pungkasnya. (ziz/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan