VAR ‘Memakan’ Korban Di Jerman

Meski begitu, Lee Johnson pelatih Bristol dalam situs resmi klub sudah ingin merasakan bagaimana efek dari teknologi ini. ”Jika negara-negara lain sudah merasakan teknologi ini, dan saya pikir mereka sudah sukses. Mengapa kami tidak,” sebut pelatih termuda di Championship, dengan usia 36 tahun itu. (ren/ign)

Apa yang ditentukan lewat VAR?

  1. Gol

Membantu wasit untuk menentukan apakah bola sudah melewati garis gawang atau belum.

  1. Keputusan Penalti

Membantu wasit untuk mengetahui pelanggaran yang terjadi di dalam atau di sekitar kotak penalti apa layak atau tidak dihadiahi penalti.

  1. Kartu Merah

Biasanya untuk insiden-insiden yang keras dan terjadi dalam sepersekian detik. VAR dibutuhkan untuk jadi panduan apakah si pelanggar layak diganjar kartu merah atau tidak.

  1. Pelanggaran

Biasanya untuk pelanggaran yang sifatnya tidak begitu keras. Bisa membantu wasit untuk menentukan apakah layak menarik kartu kuning, atau sekedar tendangan bebas.

Tahapan-Tahapan dengan VAR:

  1. Terjadi situasi di lapangan, wasit harus memutuskannya, maka wasit cukup memberitahu lewat headset-nya kepada operator VAR;
  2. Operator VAR akan langsung memutar rekaman video kejadian yang diinginkan si wasit, dan menganalisanya. Biasanya juga ditampilkan.
  3. Wasit akan diberitahukan tayangan ulang video yang dia inginkan di lapangan dari pinggir lapangan. Atau, langsung dikomunikasikan melalui headset-nya oleh operator. (ren/bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan