Terbukti, Daya Jelajah Roket MLRS Hingga 85 Kilometer

CIMAHI – Danpussenarmed Brigjen TNI Dwi Jati Utomo menyebutkan kini TNI memiliki roket MLRS Astros MK II buatan Brazil, meriam 155 mm Caesar buatan Perancis, meriam 155 mm KH-179 buatan Korea Selatan dan yang terakhir  Meriam GS M109A4-BE 155 mm buatan Amerika serikat.
Terkait Roket MLRS Astros MK II dikatakan dia memiliki kekuatan dengan daya jangkau sasaran hingga 85 kilometer dan sudah teruji ketangguhannya di medan pertempuran di berbagai negara.
“Saat ini roket tersebut juga sedang dalam pengembangan daya jangkau amunisi hingga 300 km. Sedangkan, meriam Caesar berdaya jangkau 40 km merupakan meriam swagerak (self propheler),” jelasnya.
Dwi melanjutkan, di masa depan alutsista Armed akan dilengkapi dengan radar anti artileri, pesawat tanpa awak (UAV/Unmaned Aerial Vehicle), GPS (Global position system), alat pengukur jarak otomatis (LRF/Laser Range Finder) dan sistem penemu sasaran untuk mempercepat pencarian koordinat kedudukan sasaran (INS/Inertial Navigation System), sehingga dapat mewujudkan Precision attack, joint attack and The Missile’s Role in Suppressing Enemy Strike Capabilities.
“Kedatangan alutsista yang modern juga harus ditunjang dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM). Sehingga dibentuk batalyon khusus untuk memegang alutsista tersebut,” katanya.
Untuk menunjang kesiapan SDM, Dwi mengaku, para personil diseleksi secara ketat dan diberi pelatihan di negara tempat produksi alutsista. “Tidak mudah untuk transfer teknologi dan pengetahuan, namun kita terus berupaya mewujudkannya sebagai prajurit Armed yang Modern, Cerdas dan Tangguh,” pungkasnya. (ziz)

Tinggalkan Balasan