Program Rastra Diganti E-Voucher Sembako

jabarekspres.com, SOREANG – Untuk mengurangi kesenjangan dalam pemberian Program Beras Sejahtera (Rastra) kedepan pemberian akan dilakukan dengaan pemberian E-Voucher.

Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bandung H. Marlan mengatakan, rencana penerapan E-Voucher, akan segera dilakukan setelah pihaknya membuat kajian analisa.

Selain itu, E- Voucher bisa saja diterapkan. Tetapi untuk daerah pelosok akan mengalami kesulitan. Sebab, ketersediaan jaringan bank terbatas.

Dirinya menyebutkan, berdasarkan laporan, pada 2016 tercatat 186.240 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kemudian di 2017 turun menjadi 168.246 KPM. Sehingga, turun 18 ribu.

“Ini mengisyaratkan Kabupaten Bandung bertahap, telah keluar dari kemiskinan,” ucap Marlan didampingi Kepala Dinsos Hj Nina Setiana.

Marlan mengaku, sering terjadi masalah mengenai tahap penyaluran yaitu perubahan pada harga tebus untuk Rastra yang tidak sesuai dengan harga yang seharusnya dibeli oleh KPM.

Guna meminimalisir permasalahan tersebut bantuan non tunai dengan menggunakan sistem perbankan bisa menjadi alternatif bagi pengganti Rastra.

Marlan menambahkan, setiap KPM akan menerima Rp.110.000,- setiap bulan melalui kerjasama perbankan (BNI) untuk dibelikan beras, minyak dan telur, tapi tidak bisa diuangkan.

“Saya kira, penerapan program e-voucher itu dapat mengurangi rantai distribusi beras dari Bulog, yang memungkinkan adanya penyusutan beras atau adanya biaya tambahan,”kata dia (rus/yan)

Tinggalkan Balasan