MPU XI, Lestarikan Bahasa dan Sastra

jabarekspres.com, BANDUNG – Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat menggelar Temu Sastra Mitra Praja Utama (MPU) XI di Hotel Gunung Putri Jalan Raya Tangkuban Perahu Kecamatan Lembang Bandung Barat, Kamis (16/11).

Kepala Disparbud Provinsi Jawa Barat Ida Hernida menyebutkan kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan untuk meningkatkan kerja sama anggota MPU, khususnya di bidang pelestarian Sastra dan Bahasa baik Bahasa dan Sastra Daerah maupun Bahasa dan Sastra Indonesia. ”Temu Sastra Mitra Praja Utama (MPU) merupakan salah satu wujud kegiatan kerja sama 10 Provinsi yang tergabung dalam wadah Mitra Praja Utama,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan kegiatan Temu Sastra MPU XI merupakan program kegiatan Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Yang dalam kegiatan ini Provinsi Jawa Barat berdasarkan hasil kesepakatan Temu Sastra MPU IX Tahun 2015 di Provinsi Nusa Tenggra Timur (NTT) menyebutkan Tahun 2017 Provinsi Jawa Barat dipercai sebagai tuan rumah.

Dikatakan Ida tujuan dari kegiatan tersebut salahsatunya untuk membahas berbagai persoalan di masyarakat serta peran serta dalam membangkitkan harkat dan martabat bangsa, selain itu dapat merumuskan dan mengembangkan sastra yang dilakukan secara bersama-sama sehingga lebih instensif lagi guna tercapainya masyarakat yang memiliki jati diri dan bernilai tinggi dalam penguatan bidang sastra.

”Kemudian mampu menyusun rekomendasi  pengembangan sastra khususnya di daerah, umumnya di Indonesia,” jelasnya.

Kegiatannya sendiri diisi dengan pembacaan karya sastra, pagelaran kesenian dari setiap peserta MPU. Rapat instansional yang diikuti seluruh perwakilan anggota MPU dari 9 provinsi untuk membahas dan mengevaluasi kegiatan Temu sastra MPU serta menentukan pelaksanaan Temu Sastra MPU berikutnya yang tertuang dalam rekomendasi.

Selain itu, kegiatan yang diikuti 117 peserta dari 10 provinsi diantaranya dari Provinsi Lampung, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa tenggara Timur, Banten dan tuan rumah Jawa Barat diisi juga dengan kunjungan lapangan ke Museum Konferensi Asia Afrika dan Museum Sribaduga Bandung. Adapun kata Ida, metoda yang digunakan dalam kegiatan tersebut diantaranya ceramah, tanya jawab, diskusi dan bermain peran. (ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan