Disdik Kota Bandung Raih Anugerah Kihajar

Penghargaan tingkat utama diberikan kepada Wali Kota Jambi dan Wali Kota Surabaya. Sedangkan Wali Kota Pekanbaru, Wali Kota Padang Panjang, dan Bupati Dharmasraya menerima penghargaan kategori khusus.

”Kami mengharapkan dengan adanya penghargaan ini dapat mendorong daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk TIK,” harap Gogot. ”Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota atas segala upayanya dalam membuat kebijakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan TIK,” kata Gogot.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana mewakili Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memaparkan, penghargaan ini pertama kalinya bisa diraih. ”Sebelumnya belum pernah menerima penghargaan ini,” kata Elih.

Kota Bandung, kata dia, telah mengembangkan berbagai aplikasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk memudahkan pelayanan dalam bidang pendidikan.

”Di antaranya aplikasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online dan realtime yang dikembangkan melalui sistem zonasi sejak tahun 2005 hingga tahun 2017,” ungkap Elih.

Menurutnya, aplikasi ini direkomendasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI untuk digunakan di Sumatera Utara. ”Program ini merupakan upaya kami untuk menghadirkan pelayanan pendidikan yang jujur dan berintegritas,” jelasnya.

Program lainnya, kata Elih adalah Cetak Elektronik Kegiatan Anggaran Sekolah (Cekas). Program ini merupakan aplikasi yang membuat sekolah dapat lebih mudah merencanakan anggaran kegiatannya yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan. Dengan program ini akan membuat sekolah lebih akuntable.

Kemudian, lanjut Elih, ada program Sakola Juara (Sakoja). Aplikasi ini dibuat untuk peserta didik di Kota Bandung lebih mudah mengakses materi pelajaran, latihan soal, dan kegiatan-kegoatan lainnya yang menunjang terhadap proses pembelajaran.

Elih berharap, segala inovasi dan pengembangan pelayanan pendidikan di Kota Bandung ini dapat bermanfaat untuk berbagai pihak. (adv/and/rie)

Penerima Anugerah Kihajar
Tingkat Provinsi

  1. Sulawesi Utara : Tingkat Pertama
  2. Jawa Barat : Tingkat Madya
  3. Jawa Tengah : Tingkat Utama
  4. Jawa Timur : Kategori Khusus
  5. Maluku : Kategori Khusus
  6. Kalimantan Selatan : Kategori Khusus

Tingkat Kab/Kota

  1. Kota Pontianak : Tingkat Pertama
  2. Kota Kediri : Tingkat Pertama
  3. Kota Bandung : Tingkat Madya
  4. KabupatenSemarang: Tingkat Madya
  5. Kota Jambi : Tingkat Utama
  6. Kota Surabaya : Tingkat Utama
  7. Kota Pekanbaru : Kategori Khusus
  8. Kota Padang : Kategori Khusus
  9. Kab. Dharmasraya : Kategori Khusus

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan