Program P2WKSS Tingkatkan Peranan Wanita di Keluarga

Dari sekian banyaknya program unggulan, pihaknya memfokuskan pada sosialisasi ketahanan keluarga. Pihaknya berupaya memberikan pendidikan kepada ibu-ibu menjadi keluarga yang utuh. Keluarga yang sanggup mendidik anak-anaknya. ”Mereka harus percaya diri dan memberikan keteladanan bagi anak,” ulasnya.

Program unggulan lainnya yitu urban farming. program ini merupakan salah satu cara jitu untuk mendongkrak perekonomian keluarga melalui bercocok tanam di lingkungan perkotaan. “Selain bisa memproduksi tanaman sayuran sendiri yang sehat juga membuka potensi ekonomi bagi keluarga. Karena hasilnya bisa dijual. Seperti jahe merah,” kata Atalia.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kota Bandung Siti Muntamah Oded mengatakan, program P2WKSS Tahun  2017 akan digelar di Kelurahan Kopo. Kawasan ini dipilih berdasarkan data  Badan Pusat Statistik.

“Nantinya mereka mewakili Kota Bandung dalam ajang Lomba terpadu P2WKSS di Tingkat Provinsi Jawa Barat,” kata Siti. “Program pemberdayaan ini merupakan peningkatan peran wanita perlu dilakukan untuk memaksimalkan peran wanita dalam masyarakat menuju keluarga sehat dan sejahtera,” tambah Siti.

Kegiatan pembinaan tersebut disesuaikan dengan minat dan keinginan warga binaan untuk kemudian dilakukan pelatihan yang berkenaan dengan kewanitaan serta dapat menunjang terhadap kesejahteraan keluarga.

“Nantinya akan diadakan pelatihan berjenjang selama 8 bulan untuk peningkatan softskill semisal pelatihan tata rias, pelatihan menjahit, kewirausahaan dan pelatihan lainnya” katanya.

Siti Oded Kemudian berharap program P2WKSS akan berjalan sukses dan berkelanjutan serta dapat meningkatkan kesejahteraan di wilayah Kelurahan Kopo. “Semoga program ini dapat menjadi salah satu solusi perbaikan peningkatan kesejahteraan di kawasan ini,” ungkapnya.

Senada dengan Siti Oded, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Bandung Diden Siti Sondari garis besar tujuan program terpadu ini adalah meningkatkan kesejahteraan warga kawasan Kelurahan Kopo.

“Tujuan dilaksanakan program P2WKSS yaitu meningkatkan keterampilan, kreatifitas dan kemandirian wanita dalam melihat peluang dan menyelesaikan masalah, meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan kesehatan; Meningkatkan peran wanita untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera, serta meningkatkan keadaan ekonomi dan kesejahteraan,” tandasnya. (and/adv)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan