Jurig Runtah, Spontanitas Terjun ke Gorong-gorong

jabarekspres.com, SOREANG – Keberadaan gorong-gorong bagi komunitas Jurig Runtah sepertinya, sudah menjadi tempat akrab dalam menggeluti masalah lingkungan di Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung.

Salah satu penggagas Komunistas Jurig Runtah Wisnu Swardana mengatakan, kegiatan mencari sampah dikolong gorong-gorong sebetulnya, sudah dia lakukan sejak dulu. Hal ini, semata-mata sebagai kepedulian atas keberadaan drainase yang setiap hujan datang selalu menyebabkan banjir.

Menurutnya, diambil nama Jurig Runtah sebetulnya hanya istilah saja. Sebab, dalam melakukan aktivitas kegiatan Wisnu dan kawan-kawan tidak pernah meminta pamrih sedikitpun. Bahkan, dia bersama anggotanya secara sukarela membersihkan drainase yang menyumbat atas kepedulian sendiri.

“Saya mah awalnya spontanitas saja kang tidak ada yang nyuruh-nturuh ataupun minta dibayar, ini murni kegiatan saya saja,”ucap Wisnu ketika ditemui dilokasi kemarin (15/10)

Dia mengaku, apa yang dilakukannya pada awalnya banyak orang yang tidak peduli. malah, tidak sedikit mencemooh kegiatan tersebut sebagai tindakan mencari sensasi saja. Namun, setelah hujan menjadi penyebab banjir Cilencang banyak dari masyarakat sadar bahwa, yang dikerjakan komunitasnya tersebut memiliki manfaat bagi orang banyak.

Atas aksi dan kegiatannya tersebut Komunitasnya telah memiliki anggota mencapai puluhan orang yang tersebar di berbagai Kecamatan di Kabupaten Bandung.

“Nah dari sini saya bersama rekan-rekan yang lain akhirnya bertambah semangat. Malah ada sebagian warga yang ikut gabung,”ujar dia.

Wisnu memaparkan, dalam melakukan kegiatannya, dia bersama timnya selalu memeriksa Drainase kalau saja ada sampah yang menyubat saluran. Bahkan, dia bersama rekannya tak segan turun langsung kedalam gorong-gorong disaat hujan deras ketika melihat saluran air ada yang kesumbat.

“Kami sering berkomunikasi dan saling membantu kalau disetiap wilayah terjadi bencana, baik luapan air draenase akibat aliran airnya tersendat sampah bahkan sampai membersihkan sungai juga,”ucap dia

Semnetara itu, melihat aktivitas Komunitas ini, Camat Soreang Rusli Baijuri mengaku sangat kagum dengan kegiatan yang dilakukan oleh warganya tersebut.

Menurutnya, dengan adanya Komunitas jurig runtah keberadaan Drainase di Kecamatan Soreang menjadi bebas dari tersumbatnya air oleh sampah.

Tinggalkan Balasan