Emil Bidik Bima Arya

Di sisi lain, untuk mengulang sukses seperti yang terjadi pada Pilgub DKI, Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menginginkan agar Parta Amanat Nasional (PAN) mau ikut berkoalisi bersama PKS dan Gerindra pada ajang pilgub nanti.

Menurutnya, peluang koalisi ini sangat terbuka lebar bagi PAN untuk bersama-sama memenangkan Pilgub Jabar 2018. Sehingga, tiga partai ini bisa menjadi kekuatan yang tampil berjuang baik dalam Pilgub maupun Pilkada di Jabar.

”Dulu waktu Pilpres 2014 PKS, Gerindra bersama PAN bersatu untuk memenangkannya. Bahkan di Pilkada DKI juga, jadi saya harap Pilgub 2018 nanti bisa mengulanginya,”jelas Syaikhu, kemarin.

Dirinya menuturkan, saat ini PKS masih terus menjajaki peluang-peluang berkoalisi dengan berbagai partai yang satu visi. Namun, untuk PAN sendiri sampai saat ini belum ada keputusan secara resmi.

”Kita sama PAN terus menjalin komunikasi dengan baik, mengenai keputusan PAN apakah akan ikut koalisi bersama PKS dan Gerindra. Kita serahkan kembali keinternal mereka, mungkin saja habis rakernas ini ada keputusan,” jelas Saikhu.

Disinggung mengenai dirinya siap maju bersama Deddy Mizwar pada pilgub nanti, dia mengaku bahwa PKS dan Gerindra sudah sepakat untuk mengusung dirinya dan Deddy Mizwar sebagai calon gubernur dan wakil. Bahkan untuk rencana deklarasinya nanti akan diputuskan setelah Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKS pada September ini. ”Nanti tunggu setelah rapat di bulan September ini ya,” ucap Saikhu.

Sementara itu, Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan mengaku, belum bisa memutuskan untuk ikut berkoalisi dengan Gerindra dan PKS di Pilgub Jabar. Sebab, keputusan akan dibahas pada Rakernas yang akan diselenggarakan selama dua hari ini.

Kendati begitu, mengenai calon yang akan diusulkan, PAN sudah memiliki dua kader terbaik yang bisa disandingkan. Di antaranya, Desi Ratnasari dan Bima Arya. ”Itukan kader terbaik PAN, silakan kalau cocok bisa diambil jadi pendamping,” ucap dia.

Zulkifli menambahkan, pada rakernas ini pembahasan dan agenda akan memberikan keputusan penting dalam sikap politik PAN khususnya pada Pilkada serentak dan Pilgub Jabar. (yan/bbs/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan