Madinah Diguyur Hujan, Kantor Urusan Misi Haji Indonesia Kebanjiran

Di bagian lain, sekitar 404 calon jamaah haji Kloter 6 Jawa Barat (Kloter 1 Kabupaten Bandung) dilepas Bupati Bandung, H Dadang M. Naser, Jumat malam lalu (28/7) di Lapangan Udara Sulaiman Kelurahan Sulaeman, Kecamatan Margahayu. Sedangkan 404 calon jamaah haji Kloter 19 Jawa Barat (Kloter 2 Kabupaten Bandung) dilepas Wakil Bupati Bandung, H Gun Gun Gunawan, kemarin (2/8) di tempat yang sama.

”Dari tahun ke tahun pemerintah senantiasa meningkatkan pelayanan dari segi keamanan, ketertiban dan kenyamanan selama rangkaian ibadah haji serta selalu mengevaluasi setiap kekurangan pada pelayanan sebelumnya,” ujar Dadang di Soreang, kemarin.

TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah), ucap Dadang, sudah mematangkan mekanisme bimbingannya. Namun, dia berpesan kepada tiap individu/kelompok calon jamaah haji harus memiliki kemandirian dan tidak terlalu mengandalkan tim pemandu/pembimbing.

”Apa yang telah dilalui saat manasik tentunya akan berbeda dengan pelaksanaannya di lapangan. Mudah-mudahan tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan dan semua bisa menjalankan rangkaian ibadah haji dengan lancar dan selamat sampai kembali ke tanah air menyandang gelar haji yang mabrur,” harapnya.

Mewakili pemerintah, Dadang M. Naser berpesan kepada calon jamaah agar berdoa untuk bangsa Indonesia, warga Jawa Barat khususnya Kabupaten Bandung agar senantiasa dilindungi Allah SWT.

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung, H Gun Gun Gunawan, mengatakan tujuan atau target dari ibadah haji adalah mabrurnya ibadah haji. Dia menyebutkan tiga keutamaan yaitu mabrur qobla haji, mabrur pada saat menjalankan ibadah haji, dan yang ketiga mabrur bada haji.

”Mabrur bada haji inilah yang menjadi tantangan, ketika selesai menunaikan ibadah haji, bagaimana bisa mempertahankan rangkaian ibadah haji dan meningkatkannya di tanah air dengan mensyiarkan warna dan kebaikan peribadatan haji di tanah suci kepada masyarakat dan memberikan motivasi agar masyarakat lainnya bisa menunaikan ibadah haji atau umrah,” papar Gun Gun Gunawan.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bandung, Dah Saepullah, menyebutkan pada tahun ini para calon jamaah haji akan diberangkatkan dengan pesawat yang berbeda dengan tahun sebelumnya.

”Keseluruhan 410 penumpang pada setiap kloter (calon jamaah haji beserta pembimbing) akan diberangkatkan menggunakan pesawat Saudi Airlines dengan nomor seri 777-300, berbeda dengan tahun sebelumnya yang menggunakan pesawat berkapasitas 450 penumpang,” jelas Dah Saepullah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan