Salat Kok Menghadap Matahari

“Kami telah mencermati permasalahan ini dan MUI Sumedang sudah mengeluarkan fatwa sesat atas ajaran menyimpang yang disampaikan saudari Ella,” terang dia yang juga Ketua Pimpinan Muhamadiyyah Kabupaten Sumedang ini. Yang harus dicermati atas ajaran sesat Ella, kata dia, adalah doktrin-doktrinnya kepada anak didiknya yang mengikuti pengajian di rumah Ella. Sebab, selain memerintahkan salat menghadap matahari, sejumlah anak didik pengikutnya juga ada yang dilarang sekolah karena menurutnya sekolah itu tidak penting.

“Kami khawatir Ella dengan doktrinnya mengajari anak anti sekolah, anti pancasila, dan ajaran menyimpang lainnya,” sebutnya. Setelah terbitnya fatwa MUI Sumedang, kata dia, Ella diminta melakukan dakwah secara terbuka untuk menghindari kesalahpahaman.

“Yang bersangkutan juga diminta untuk menghentikan kegiatan baiat terhadap anak didiknya, dan menghentikan seluruh aktivitas yang berkaitan dengan keagamaan dan kegiatan lain yang menimbulkan pro-kontra di tengah masyarakat hingga adanya kesepahaman persepsi ajaran yang disampaikan,” sebutnya. Disayangkan, kata dia, saat musyawarah warga, Kamis (13/7) malam tersebut, Ella tidak hadir dengan alasan tidak berada di tempat.

“Bila seluruh permintaan ini tidak ditanggapi, dan saudari Ella tetap melaksanakan ajaran menyimpangnya kami akan kembali melakukan musyawarah untuk mencari solusi terbaiknya seperti apa,” katanya. Sampai saat ini, musyawarah masih digelar yang melibatkan tokoh agama, masyarakat, pemerintah desa, Polisi, TNI, dan keluarga penyebar aliran sesat. (imn/*)

Tinggalkan Balasan