Selama Ramadan, Penghasilan KCB Turun

jabarekspres.com, Bandung – Jalan Asia  Afrika Kota Bandung merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan pada saat musim liburan. Terutama pada hari libur hari raya idul fitri 1438 H. Lokasi ini dikenal sebagai tempat liburan karena terdapat gedung – gedung peninggalan bersejarah dan taman alun–alun kota Bandung. Bahkan kedua lokasi ini jadi ikon wisata kota Bandung. Salah satunya Komunitas Cosplay Bandung (KCB) yang terdapat di pinggiran gedung Merdeka dan sepanjang gedung PLN Distribusi Jabar.

Ciri khas KCB, mengenakan kostum – kostum unik sehingga menarik simpati para pengunjung yang datang ke lokasi itu. Misalnya bertema pahlawan super seperti batman, iron man, Bim X dan lainnya. Bahkan ada pula yang bertemakan misteri seperti orang dengan penampilan seperti hantu pocong, hantu kuntilanak dan valak yang memainkan peran dalam film Conjuring. Bahkan pemeran film Nyi Roro Kidul dan mirip presiden RI pertama Bung Karno, pun ada disini.

Akbar (26) salah satu anggota KCB dengan kostum kuntilanak hamil, mengaku sempat berpenghasilan menurun. Kunjungan wisatawan pada bulan ramadan dikatakannya, menurun tajam karena sepi pengunjung. “Kawmi semuanya mengakui, kalo selama bulan puasa emang sepi jadi penghasilan kita turun. Tapi tergantung juga sih, dibanding tahun lalu, penghasilan kami naik karena ramenya pengunjung. Jadi penghasilan aku juga ada tambahan lebih,” ujarnya saat diwawancarai disela-sela aktingnya, Senin, (3/7)

Meskipun menjadi tempat destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, para anggota KCB mengaku pendapatanya cenderung menurun pada saat bulan ramadan dibandingkan sesudah bulan ramadan.

Hal senada diungkapkan Wong (35) yang berkostum hantu pocong. Dia mengungkapkan sepinya pengunjung pada saat bulan ramadan. “Lebih rame pas sekarang sesudah puasa kan lebaran juga masih suasana liburan,” ungkapnya.

Meskipun sepi pengujung pada saat ramadan, ia mengaku senang dengan mengikuti KCB ini. Karena profesinya itulah sangat membantu pendapatan sehari–harinya.

“Ya inikan usaha sampingan saya. Meskipun mengalami penuruan penghasilan tapi cukup terbantu juga. Kita kan sitemnya bagi hasil. Bagi yang punya kostumnya 40 persen dan ke sayanya  60 persen, tutupnya. (mg04/gun)

Tinggalkan Balasan