Dimbau Sudah Mudik dari H-6

Karena tol darurat, pengen­dara tidak boleh memacu kendaraan seperti di tol yang sudah beroperasi penuh. Ke­menhub membatasi kecepa­tan maksimal 40 km/jam. Pengemudi juga diimbau memenuhi tangki bahan ba­kar sebelum masuk tol fungsi­onal karena di sana belum ada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Total, ada 300 km ruas tol darurat. Terbagi dalam dua bagian utama: Brebes Timur menuju Ngaliyan di Jawa Tengah sejauh 145 km plus 165 km dari Semarang menu­ju Surabaya. Ruas paling pan­jang tol darurat itu -sejauh 110 km dari Brebes Timur menuju Gringsing- menda­patkan perhatian ekstra.

Polri sudah menyiapkan be­berapa skenario jika terjadi kemacetan parah. Salah satu­nya adalah pengalihan arus ke Pejagan bila di Brexit terjadi penumpukan. ”Lalu, untuk di Brebes Barat, bila terjadi ke­macetan, akan dikeluarkan kendaraannya menuju jalur pantura,” paparnya.

Selanjutnya, di sepanjang jalan tol akan disiapkan pos yang terintegrasi. Pos itu akan diperkuat personel kesehatan, petugas kepolisian, petugas PT Pertamina yang menjual BBM secara mobile, dan tidak lupa juga disiapkan montir-montir.

“”Yang paling penting untuk menunjang kelancaran lalu lintas, selain penyiapan pen­jual BBM mobile juga montir. Montir ini bisa membantu sewaktu-waktu bila terjadi kendaraan mogok,” terangnya. (pan/idr/c9/ang/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan