Ajak Masyarakat Untuk Sadar Zakat

jabarekspres.com, MARGAHAYU – Untuk memasyarakatkan kewajiban membayar zakat Bupati Bandung, Dadang M Naser mengajak agar pada bulan Ramadan ini betul-betul dimanfaatkan untuk kewajiban yang diperintahkan dalam agama islam tersebut.

Dadang menilai, Zakat adalah kekuatan ekonomi umat Islam, yang memiliki kewajiban yang disyariatkan dalam perintah Allah. Sehingga, untuk melaksanakannya menjadi suatu keharusan.

Selain itu, amalan lainnya seperti infaq, sodaqoh juga memiliki pembelajaran agar setiap manusia memiliki jiwa sosial untuk membantu sesama.

“Jadi saya berharap masyarakat di Kabupaten Bandung sadar untuk membayar zakat,” jelas Dadang ketika ditemui disela-sela rangkaian Safari Ramadhan di Mesjid Asy-Syukur Desa Mekar Rahayu Kecamatan Margaasih kemarin (9/6)

Dirinya menyebutkan, dengan jumlah penduduk 3.6 juta jiwa dan mayoritas muslim. Apabila pembayaran zakat terlaksana dengan baik. Maka, dana itu bisa digunakan untuk memberdayakan masyarakat miskin yang berjumlah 7 persen atau sebanyak 330 ribu orang.

Dadang mencontohkan, bila 1 juta orang saja sadar berinfaq, sodaqoh dan zakat dengan nilai Rp 100 ribu/perorang saja maka dana tersebut bisa mencapai Rp 100 miliar. Apalagi, jika seluruh masyarakat mampu membayar zakat

“Inkan konsep zakat sangat simpel, hitung-hitungannya jelas dan sudah ada cukup 2.5 persen saja dari harta kekayaan yang dimiliki,” ucap Dadang

Dirinya mengatakan, saat ini Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Bandung menyerap dana zakat sekitar Rp 5 sampai 6 miliar pertahun dari unsur PNS saja.Namun, pada Ramadhan kali ini, Pemerintah Kabupaten Bandung akan meluncurkan gerakan sabilulungan satu juta muzaqi.

“Ini sebagai bagian dari upaya memperhatikan masyarakat yang layak mendapatkan zakat,”ujar dia.

Dadang menambahkan, dengan membayar zakat selain bertujuan membersikan diri dan harta diharapkan memnculkan sifat kedermawanan dan sosial untuk saling membantu memberdayakan masyarakat yang kurang mampu.

“Hikmah bulan ramadhan sangat terasa, karena bulan yang dimuliakan Alloh SWT. Dimana amal ibadah akan dilipatgandakan, dengan Amal zariyah akan membuat hidup kita tenang,” pungkas Dadang

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan