36 Perlintasan Katagori Rawan, Petugas PT KAI Cek 4 Kali Sehari

Meski ada pengulangan, Basuki optimistis flyover yang akan menghubungkan ke Purwokerto itu bisa difungsikan pada arus mudik. Pembangunan sudah mencapai 77,41 persen. Pengerjaan ditargetkan rampung pada H-5 Lebaran. Kalaupun tidak, peme­rintah telah menyiapkan plan B. Kementerian PUPR menyiapkan bailey atau jembatan darurat. ”Insya Allah jadi,” tambahnya.

Hingga saat ini, progres pembangunan tiga flyover lainnya sudah menunjukkan hasil signifikan. Flyover di Dermoleng, Ketanggunan, misalnya, telah mencapai 90,27 persen. Kemudian Klonengan, Prupuk, 95,37 persen dan Kesambi 85 persen. Selain mengandalkan empat flyover untuk mengurai kemacetan, pemerintah bekerja sama dengan operator jalan tol akan mem­berikan diskon bagi pemudik. Diskon diberikan untuk mereka yang bertransaksi dengan menggunakan uang elektronik di 18 ruas tol.

Dari jumlah tersebut, 15 ruas akan diberi potongan harga hingga 20 persen. Ruas-ruas tersebut antara lain tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Jakarta-Cikampek, JORR, Sedyatmo, Purbaleunyi, Palikanci, Semarang, Semarang-Bawean, Surabaya-Gempol, Surabaya-Mojokerto, Belawan-Medan-Tanjung Morawa, dan Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa. Sedangkan tiga lainnya, Tangerang-Merak, Kertosono-Mojokerto, dan Cikampek-Palimanan, didiskon 10 persen. Potongan itu berlaku pada arus mudik mulai H-3 sampai H+2 (22-26 Juni) dan arus balik mulai H+4 sampai H+6 (30 Juni-2 Juli). (mia/c9/oki/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan