Program Selaras Berikan Hasil Maksimal

Noer menuturkan aktifitas program SELARAS meliputi, upaya pencegahan infeksi salah satunya dengan peningkatan praktik hidup bersih seperti cuci tangan pakai sabun di layanan kesehatan dan masyarakat, penguatan kapasitas tenaga kesehatan dan masyarakat, mobilisasi masyarakat, dan kemitraan dalam rangka kelangsungan hidup bayi baru lahir.

“Survei yang dilakukan Save the Children di 4 kecamatan menggarisbawahi bahwa setengah (42%) dari kelahiran masih ditolong oleh Paraji atau dukun beranak. “Ini jauh lebih rendah dari rata-rata propinsi maupun nasional,” ungkapnya.

Dia meyakinkan, melalui SELARAS, peningkatan kapasitas tenaga kesehatan di Puskesmas dan Bidan di Desa, serta pemberdayaan keluarga dan masyarakat menjadi salah satu kegiatan yang akan diperkuat.

“Selain itu ada juga kebijakan dan dukungan alokasi sumber daya untuk terus meningkatkan praktek kesehatan, kebersihan dan cuci tangan pakai sabun untuk keberlangsungan hidup bayi baru lahir oleh pemerintah daerah melalui monitoring, pengawasan pelaksanaan SOP, mentoring dan dukungan pendanaan selain ketersediaan RTK (Rumah Tunggu Kelahiran),” tutupnya.(mg3/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan