Pembayaran TPG PNSD 2017 Molor

Muhadjir mengatakan, para guru PNSD yang merasakan terlambatnya pencairan TPG, diharapkan melihat kondisi rekan-rekan sejawatnya. Di mana masih banyak guru PNSD maupun swasta yang sama sekali berlum berkesempatan memperoleh TPG.

Pencairan TPG untuk guru PNSD yang terlambat menjadi rasan-rasan di kalangan guru. Seorang guru PNSD di daerah Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengatakan, sampai kemarin sore seluruh guru PNSD belum mendapatkan TPG. ’’Masih nihil,’’ kata guru yang mengampu bimbingan konseling itu.

Kondisi berbeda dialami oleh guru PNSD yang mengajar pendidikan agama Islam (PAI). Pencairan TPG mereka lancar, karena ditangani oleh Kementerian Agama (Kemenag). Dia berharap pencairan TPG bisa tepat waktu, meskipun skemanya dirapel setiap tiga bulan.

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengakui bahwa pencairan TPG untuk guru PNSD sampai saat ini belum terlaksana. ’’Sudah sering terlambat seperti ini,’’ kata guru PPKn di SMAN 13 Jakarta itu. Dia berharap ke depan pencairan TPG bisa lebih tepat waktu.

Retno mengatakan pencairan TPG kerap terlambat diantaranya karena penerbitan surat keputusan (SK) di Kemendikbud. Dia mengatakan untuk periode Januari – Juni saat ini, seharusnya tidak perlu menunggu penerbitan SK baru. Cukup mengacu pada SK yang diterbitkan Kemendikbud pada periode Juli tahun lalu. Sebab dalam kalender pendidikan, Januari – Juni masih terhitung tahun ajaran 2016/2017. (wan/rie)

Jadwal Pencairan Tunjangan Profesi Guru

  1. Triwulan Pertama (Januari-Maret) : Dicairkan paling cepat Maret
  2. Triwulan Kedua (April-Juni) : Dicairkan paling cepat Juni
  3. Triwulan Ketiga (Juli – September) : Dicairkan paling cepat September
  4. Triwulan Keempat (Oktober-Desember): Dicairkan paling cepat November

Keterangan:

  • Alokasi TPG 2017 untuk guru PNSD: Rp 55,573 triliun
  • Alokasi triwulan pertama (Januari – Maret) : Rp 16,552 triliun
  • Total penerima TPG : 1,2 juta guru

Sumber: Kementerian Keuangan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan