Bareskrim Pantau Kenaikan Harga Sembako

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri menyatakan bahwa belum tampak lonjakan harga sembako yang signifikan di lapangan. Namun ada beberapa komoditas yang perlu diperhatikan karena harganya mulai terpantau naik. Di antaranya adalah harga bawang putih sebesar Rp 57.000/kg dari sebelumnya Rp 56.000/kg, harga ayam sebesar Rp 34.500/kg dari sebelumnya Rp 31.000/kg.

”Memang harus diakui, indikasi kenaikan ini adalah karena musim libur panjang, sehingga permintaan tinggi. Harusnya besok (hari ini, Red) sudah normal kembali,” ujar Abdullah.

Terkait dengan pengawasan harga sembako oleh beberapa pihak seperti bareskrim, Abdullah mengaku pedagang sangat mengapresiasi langkah tersebut. ”Sebab, dengan tidak adanya spekulan dan pedagang-pedagang nakal, stabilitas harga akan lebih terjaga. Tentu saja menguntungkan untuk pedagang seperti kami,” beber Abdullah.

Sementara itu, dia juga mengaku belum ada pembicaraan khusus dari kementerian terkait perihal acuan harga sembako khususnya menyambut bulan ramadan. ”Kebetulan baru besok (hari ini, red) kami menerima undangan dari kementrian untuk diajak berdiskusi. Belum tahu pembahasan akan terfokus soal apa, karena baru tahun ini ada diskusi seperti ini,” tambah Abdullah. (idr/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan