Tarif Angkutan Online Tetap Fleksibel

”Ini mimpi kami dari Ke­menterian Perhubungan, akhirnya dua penyedia laya­nan transportasi ini bertemu di satu titik. Tidak mudah, saya yakinkan dan akhirnya men­ghasilkan satu koalisi. Ini membanggakan,” ujar Budi saat memberikan sambutan kemarin (30/3).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan turut menegaskan, GO-JEK Indonesia sebagai penyedia layanan on-demand dan Blue Bird sebagai peny­edia layanan transportasi sudah selayaknya berkolabo­rasi. Apalagi era modernisasi telah membuat kemajuan teknologi semakin berkembang pesat. Penyedia transportasi konvensional pun perlu mengadopsi kemajuan tek­nologi tersebut. ”Prinsipnya kolaborasi memang harus dilakukan, karena teknologi berkembang,” ujar Luhut.

CEO GO-JEK Indonesia Na­diem Makarim menyatakan, kerja sama ini akan mengun­tungkan kedua pihak. Sebab, dengan banyaknya armada yang dimiliki Blue Bird, de­mand akan layanan transpor­tasi mobil yang diakses pe­langgan melalui aplikasi GO-JEK akan cepat terpenuhi.

”Memang kami merasakan bedanya, sejak GO-JEK bekerja sama dengan Blue Bird pada layanan GO-Car, waktu tunggu untuk mendapatkan armada menjadi lebih cepat. Selain itu, sebagian besar konsumen juga prefer mendapat kendaraan Blue Bird,” ujar Nadiem.

Dalam kerja sama ini, GO-JEK dan Blue Bird akan me­luncurkan menu khusus un­tuk memesan taksi Blue Bird. Jika sebelumnya pelanggan hanya bisa mendapatkan ar­mada Blue Bird dari menu GO-Car, kini di menu GO-Bluebird aplikasi hanya akan mengarahkan pelanggan pada armada taksi Blue Bird, tak ada kendaraan Go-Car di layanan tersebut.

”Masing-masing (GO-Car dan Go-Bluebird, Red) me­miliki kelebihannya sendiri. Kalau pakai Go-Bluebird lebih nyaman jika ingin berpergian yang butuh untuk mampir-mampir dan berhenti di ber­bagai tempat lain tanpa kha­watir driver tidak mau menung­gu,” tegas Direktur PT Blue Bird Adrianto Djokosoetono.

Namun ada perbedaan menge­nai pemberlakuan tarif pada GO-Bluebird. Jika GO-Car sudah tertera harga fix suatu rute per­jalanan, tarif layanan GO-Blue­bird adalah berdasarkan argo­meter taksi. Kendati begitu, bukan berarti menutup kesem­patan mendapat diskon dalam promo GO-Jek. Untuk promo Go-pay misalnya. Pelanggan masih bisa menggunakan fitur tersebut. ”Mulai besok (hari ini, Red) fitur GO-Bluebird mulai diberlakukan. Sebagai permulaan, kerja sama ini ber­jalan di lima kota, yaitu Jabo­detabek, Surabaya, Medan, dan Semarang,” ujar Adrianto.

Tinggalkan Balasan