Creative Center Diresmikan Mei

bandungekspres.co.id, BANDUNG TENGAH – Ikon Kota Bandung bertambah lagi dengan dibangunnya Gedung Creative Center di Jalan Laswi, Bandung Tengah. Dengan begitu, semakin menunjukan karakter Kota Bandung sebagai creative city.

Gedung ini terlihat sangat unik. Bangunan berbentuk segi banyak (polygon) serta ornamen warna-warni terang ini akan menampung berbagai aktivitas kreatif masyarakat.  Gedung tersebut menjadi pusat kreatif Bandung di mana anak-anak muda datang ke sana untuk menghasilkan karya berkreasi difasilitasi oleh pemerintah.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, gedung unik ini akan diresmikan Mei mendatang oleh Presiden Joko Widodo.

”Berarti sisa waktunya dua bulan lagi. Nah di sisa waktu ini kita terus bekerja agar pembangunan cepat selesai,” tuturnya.

Dia menjelaskan segala jenis kreativitas terdapat ruangan dan alat terpisah di gedung tersebut. ”Jadi ruangan dan alat dipisah agar terbenah dengan baik. Intinya alat yang akan digunakan tinggal ambil di ruangan yang sudah disiapkan,” jelas Emil –sapaan Ridwan Kamil- belum lama ini.

Gedung tersebut akan diisi oleh komunitas atau kelompok-kelompok kreatif. ”Sesuai dengan nama gedungnya Creative Center, isinya pun harus dengan orang kreatif. Sehingga masyarakat tahu bahwa Kota Bandung memiliki tempat dan diisi oleh orang orang kreatif,” jelasnya.

Emil menilai kreativitas yang dimaksudkan adalah bukan untuk gaya-gayaan semata. Menurut dia, kreativitas itu perlu digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. ”Oleh karena itu inilah hasil kreativitas warga Bandung, memiliki gedung kreatif yang bisa dinikmati oleh semua orang,” ujarnya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, Kota Bandung sudah terpilih bagian jaringan kota kreatif oleh UNESCO pada 2015 lalu. Waktu itu, Jenderal UNESCO Irina Bokova mengumumkan penunjukan 47 kota dari 33 negara sebagai anggota baru UNESCO Creative Cities Network (UCCN) di Markas Besar UNECO, Paris, Francis. (bbs/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan