Pilkada Dibayangi Cuaca Ekstrim

Pernyataan senada juga disampaikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK). JK menuturkan, pilkada yang damai merupakan dambaan seluruh rakyat. Masyarakat tidak hanya menginginkan kepala daerah yang berkualitas, namun juga suasana pesta demokrasi yang meriah nan sejuk. Kemeriahan dan kesejukan itu akan dibuktikan saat para pemilik suara menggunakan hak pilihnya di masing-masing TPS.

Karena itu, JK mengimbau masyarakat untuk ikut menjaga agar proses pemungutan suara hari ini  berjalan dengan damai dan lancar. Bagaimanapun, pilkada merupakan bagian dari proses demokrasi di Indonesia. ”Demokrasi yang baik adalah demokrasi yang damai, bertanggung jawab, dan juga tentu bersifat rahasia dan bersih,” ujarnya.

Bila prosesnya bisa berjalan dengan baik dan lancar, lanjut JK, masyarakat akan mampu memilih dengan jernih sehingga menghasilkan pemimpin yang tepat. Kriterianya sederhana. Pemimpinnya baik, bersih, dan memang memiliki kemampuan untuk memimpin daerahnya masing-masing. Dengan demikian, barulah bisa dihasilkan kemajuan di tiap-tiap daerah.

Proses demokrasi yang meriah dan sejuk akan berdampak positif bagi masyarakat. Ujungnya tentu adalah kemajuan daerah. Karena untuk selanjutnya, kepala daerah terpilih bisa langsung bekerja tanpa disibukkan menyelesaikan persoalan yang terjadi selama pilkada. ’’Mari kita semua bersama-sama ke TPS dengan senyum, bahagia, mengharapkan pemimpin yang baik,’’ tambahnya.

Jokowi-JK ikut Nyoblos

Hari ini, sejumlah tokoh juga akan ikut serta memberikan suaranya di pilkada. Termasuk di antaranya Presiden Joko Widodo dan Wares Jusuf Kalla. Jokowi akan menunaikan hak suaranya bersama ibu negara Iriana Jokowi di Pilgub DKI Jakarta. Keduanya terdaftar sebagai pemilih di TPS 04 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Sementara, Wapres Jusuf Kalla sekeluarga akan nyoblos di dekat kediaman JK di kawasan Brawijaya Jakarta Selatan. JK, Mufidah Jusuf Kalla, dan tiga anaknya, yakni Chairani Jusuf Kalla, Muchlisa Jusuf, dan Solihin Jusuf Kalla terdaftar di TPS 03, Kelurahan Pulo, Kecamatan Kebayoran Baru Jaksel. (far/bay/lum/byu/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan