Lagi-lagi Anggaran Pilkada Terlambat

Yang juga penting, tidak ada tambangan pengawasan dari unsur lainnya. Mengingat adanya ormas yang ingin ikut mengawasi pilkada di setiap TPS. ”Kan prosedurnya saksi dari setiap calon gubernur,” ungkapnya.

Dia menuturkan, percayakan pengamanan kepada Polri dan TNI yang setiap saat mengawasi TPS. Pengamanan ini juga dilakukan TNI dan linmas. ”Kan pengamanan sudah banyak,” paparnya.

Boy Rafli menambahkan, netralitas dari penegakan hukum menjadi salah satu kunci untuk kesuksesan dari pilkada serentak. Dengan begitu, semua pihak akan merasakan bahwa memang pilkada berjalan dengan jujur dan adil. ”semua pihak diharapkan mampu menjaga keamanan bersama,” ungkapnya.

Presiden Joko Widodo, saat kunjungan ke Ambon 8 Februari lalu mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan hari tenang sebaik-baiknya. Semuanya harus saling menahan diri untuk tidak menimbulkan gangguan terhadap pelaksanaan pilkada. ’’Jangan sampai ada ribut-ribut sekecil apapun,’’ ujarnya.

Presiden juga mengisyaratkan bahwa hari tenang itu berarti juga tidak boleh ada aksi massa dalam bentuk apapun, meski beralasan tidak terkait pilkada. ’’Apapun, yang namanya hari tenang ya harus tenang,’’ lanjut mantan Wali Kota Solo itu.
Senada, Wapres Jusuf Kalla meminyta masyarakat ikut menjaga agar proses pemungutan suara Rabu (15/2) mendatang berjalan dengan damai dan lancar. Bagaimanapun, pilkada merupakan bagian dari proses demokrasi di Indonesia. ’’Demokrasi yang baik adalah demokrasi yang damai, bertanggung jawab, dan juga tentu bersifat rahasia dan bersih,’’ ujarnya.

Karena itulah, JK berharap prosesnya bisa berjalan dengan baik agar masyarakat mampu memilih pemimpin yang tepat. Kriterianya sederhana. Pemimpinnya baik, bersih, dan memang memiliki kemampuan untuk memimpin daerahnya masing-masing. Dengan demikian, barulah bida dihasilkan kemajuan di tiap-tiap daerah.

Bila proses pemungutan suara berlangsung baik dan damai, maka ujungnya adalah kemajuan daerah. Karena untuk selanjutnya pemimpin yang terpilih bisa langsung bekerja tanpa disibukkan menyelesaikan persoalan selama pilkada. ’’Mari kita semua bersama-sama ke TPS degan senyum, bahagia, mengharapkan pemimpin yang baik,’’ tambahnya. (far/lum/idr/byu/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan