Waspada! Sakit Mata Bisa Mematikan

”Ya mudah-mudahan urusan kacamata ini bisa diselesaikan dengan pemberian kacamata yang sudah masuk dalam e-katalog. Sebab beberapa kali kita gagal, gara-gara tender. Tapi kalau kacamata di e-katalogkan, saya kira akan sangat enak,” ungkapnya.

”Kalaupun tidak, insya Allah program pengobatannya pun akan ada dari BPJS untuk masyarakat yang tidak mampu, lain-lainnya bisa dicover dari dana dinas kesehatan. Mudah-mudahan untuk kacamatanya kita bisa bekerjasama dengan dunia usaha, dalam bentuk CSR,” tambah Aher.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil dalam mendukung visi 2020, pihaknya telah mempunyai tiga inovasi terutama dalam bidang kesehatan. Yakni menyiapkan program  “Layad Rawat” di mana dokter yang akan berkunjung langsung ke rumah-rumah pasien.

Terkait penyakit mata pupil putih, menurut data yang dia terima dari 9 ribu kasus kebutaan, pada dasarnya 8 ribu bisa disembuhkan. Hanya saja karena pengetahuan yang kurang dimasyarakat sehingga kasus tersebut banyak terjadi.

”Kita akan mengirimkan tim sekitar lima orang di kelurahan-kelurahan, untuk menemukan salahsatunya adalah mereka-mereka yang terkena kebutaan dan masih bisa disembuhkan,” pungkasnya. (ign/rie)

Tips Jaga Kesehatan Mata:

  • – Membaca buku pada jarak ideal dengan jarak 30 cm dari buku ke mata.
  • – Tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran.
  • – Membaca dengan penerangan yang cukup
  • – Istirahatkan saat aktivitas di depan elektronik
  • – Jangan mengucek mata. Sebab, tangan bisa jadi dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda yang menyebabkan infeksi.
  • – Perhatikan gizi makanan
  • – Berhenti dari kebiasaan merokok

Sumber: berbagai sumber.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan