Menjaga Mimpi Gelar Juara

Situs This Is Anfield dalam analisisnya menyebut, tidak ada salahnya apabila pada laga krusial ini Klopp menjajal bermain back three. Seperti upaya mirroring yang sudah  pernah dilakukan klub-klub lawan Chelsea agar mengimbangi formasi 3-4-3 ala Antonio Conte. Walaupun, baru Tottenham Hotspur yang mengalahkannya.

Kecepatan pemain-pemain Liverpool jadi modal awalnya. Jika main dengan back three, maka Klopp bisa memilih Joel Matip, Dejan Lovren dan Joe Gomez sebagai back three-nya. Mengapa Gomez? Karena, bek 19 tahun itu selalu nyaman ketika memegang bola. Selain itu, dia punya kemampuan bermain dengan passing-passing pendeknya.

Untuk sayap, James Milner di sisi kiri sudah dapat berperan jadi defensive winger. Meski main sebagai bek di Liverpool, Milly – sapaan akrabnya – pernah menempati pos winger. Dia pun punya kemampuan berimbang antara menyerang dan bertahan. Masalah hanya di sisi kanan karena Nathaniel Clyne yang kerap overlap diragukan kondisinya.

Clyne absen dua laga terakhir karena cedera tulang rusuk. Andai Clyne belum 100 persen fit, maka bek muda Trent Alexander-Arnold jadi opsi penggantinya. Ingat saat dia dimainkan melawan Manchester United (15/1)? Pemain 18 tahun itu mobile di sisi kanan  Liverpool. Kemampuan menyerang dan bertahannya pun sama baiknya.

Satu di antara Henderson, Georginio Wijnaldum dan Emre Can bisa jadi korban di saat Klopp berani bermain tiga bek. Untuk tiga di depan bisa dipercayakan pada Roberto Firmino, Philippe Coutinho, Daniel Sturridge atau Sadio Mane. Sayang, Klopp bukanlah sosok yang hoki dengan skema tiga bek.

Saat dia mencobanya dalam 45 menit babak kedua melawan Soton, Liverpool pun kalah. Sebelum itu dia kali pertama dan terakhir bermain tiga bek di Borussia Dortmund. Itu pun juga sama hasilnya, kalah 0-1 atas Schalke, 22 Oktober 2012. ”Sekarang ini kami harus yakin bahwa ada kans untuk menang di laga nanti,” koarnya.

Terlepas dengan formasi apa yang dipakai Klopp, Antonio Conte sebagai tactician Chelsea dikutip The Telegraph tidak menghitung tiga kekalahan beruntun sebagai tanda-tanda bahwa timnya melanjutkan dominasi di Anfield sejak Mei 2012. Empat lawatan, 2 kali menang, dua kali imbang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan