Bagi Rata Kuota Haji Per Provinsi, Prioritaskan Haji Manula

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) berjanji segera membagi rata kuota haji 2017 sebanyak 221 ribu jamaah. Pembagian pada musim haji 2012 menjadi patokan karena jumlahnya sama persis 221 ribu jamaah. Kuota untuk jamaah manula akan dibahas lebih lanjut.

Rencana Kemenag membagi kuota tambahan itu disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Abdul Jamil di gedung DPR kemarin. Secara umum dia membenarkan bahwa pembagian kuota musim haji 2012 akan dijadikan patokan Alasannya, kuota haji 2012 dan 2017 sama-sama 221 ribu orang.

”Kita bagi per provinsi. Tentu tidak sama persis dengan 2012 karena ada perubahan kondisi demografis,” jelasnya di sela-sela rapat evaluasi haji 2016 bersama Komisi VIII DPR kemarin. Pada intinya, kata Jamil, Kemenag sudah memiliki acuan ketika kuota haji diketahui mencapai 221 ribu jamaah.

Terkait dengan calon jamaah berusia lanjut, Jamil menegaskan bahwa Kemenag memiliki pertimbangan khusus. Dia mengakui, jamaah usia lanjut tidak bisa dibiarkan menunggu lama sesuai antrean yang berlaku. Namun, perlakuan kepada jamaah manula tidak boleh mengesampingkan jamaah yang sudah antre lama.

Jamil menjelaskan, kepastian teknis untuk kuota jamaah manula akan ditetapkan saat pembahasan BPIH 2017. Kemenag bisa saja menggunakan skenario tahun lalu. Yakni, kuota haji disebar sesuai antrean dahulu. Kemudian, jika ada sisa kuota saat masa pelunasan ditutup, sisa tersebut baru dibagi untuk kelompok manula. ”Yang penting, kita bagi dulu kuotanya per provinsi supaya ada kejelasan,” jelasnya.

Dalam rapat dengar pendapat hingga hampir pukul 17.00 itu, desakan supaya Kemenag memprioritaskan keberangkatan jamaah lansia cukup kuat. Patokan usianya mencapai 75 tahun ke atas. Berdasar data di Kemenag, jumlah calon jamaah haji berusia 75 tahun ke atas sebanyak 53.315 orang atau 1,6 persen dari total pendaftar.

Kemenag juga diminta untuk membuat simulasi prioritas bagi lansia agar bisa segera mendapat kesempatan untuk berhaji tahun ini. Ketua Komisi VIII M. Ali Taher menuturkan, sebenarnya hampir semua anggota DPR ingin seluruh lansia tersebut bisa berhaji tahun ini. Tapi, hal itu tentu akan merepotkan petugas. ”Kita ingin ya semua diberangkatkan tahun ini,” ujar dia setelah rapat dengar pendapat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan