Ormas Asing Harus Diwaspadai

Untuk itu, penerapan pemahaman bela negara seharusnya memiliki sifat multidimensi yang mencakup seluruh lapisan masyarakat mengingat setiap warga negara memiliki potensi bisa bisa teramcam dengan pemahaman-pemahan negatif tersebut.

”Jadi bela negara itu bukan saja milik ormas, pelajar, dan mahasiswa. Tetapi profesional yang bekerja di berbagai bidang juga harus memahami pentingnya bela negara,” ucap dia

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, keberadaan PP ini harus direvisi jika dalam perjalanannya hanya memberi dampak negatif terhadap kondisi di tanah air. Sebab jika semakin banyak ormas asing akan berpengaruh buruk.

”Kalau dirasa hadirnya ormas asing ini lebih banyak negatifnya, kenapa enggak kita perbaiki. Kalau banyak menimbulkan negatif, ya diubah,” tegas pria yang akrab disapa Emil itu.

Meski begitu, Emil tidak mempersoalkan keberadaan ormas asing selama tidak membawa dampak negatif bagi kondisi negara. ”Saya orang optimis terhadap dinamika cenderung melihat positifnya. Enggak terlalu khawatir, yang penting benteng ideologi kuat,” tegasnya lagi. (yan/rie)

Tinggalkan Balasan