oleh

Kampung Margaluyu Dipilih jadi Huntara‪

bandungekspres.co.id, NGAMPRAH – Kampung Margaluyu, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat, dipilih jadi lokasi hunian sementara (huntara). Huntara tersebut sebagai pengganti bagi warga sejumlah warga yang menjadi korban pergerakan tanah, bulan lalu. Hal itu diputuskan berdasarkan rapat dengan mengundang kepala desa beserta Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

”Dipilih Kampung Margaluyu karena tanah lokasi tersebut relatif lebih aman untuk dijadikan huntara,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Dicky Maulana kepada wartawan di Ngamprah, kemarin (4/12).

‪Dikatakan Dicky, huntara tersebut berlaku selama dua tahun sampai pemukiman tetap yang baru didapatkan kembali. Untuk anggaran huntara sendiri, kata Dicky, dua minggu ke belakang pihaknya telah mengajukan bantuan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

”Mudah-mudahan bisa terealisasi agar pembangunan hunian tetap bisa lebih cepat,” ungkapnya.

‪Berdasarkan hasil kajian Badan Geologi Jawa Barat, kata dia, lokasi pemukiman warga tersebut sudah tidak layak dijadikan sebagai pemukiman dan harus di relokasi. Sehingga untuk sementara, daripada tinggal di lokasi pengungsian, lebih baik dibangunkan hunian sementara.

”Tempat warga sebelumnya yang mengalami pergerakan tanah, sudah tidak layak dan harus ditinggalkan,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga