Humas Harus Responsif

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) berencana akan melakukan pertemuan humas seluruh Indonesia mulai hari ini (17-19/11). Dalam pertemuan dua hari itu, Humas se-Indonesia akan menyelaraskan peran sebagai pemberi Informasi kepada masyarakat.

Direktur Kemitraan Komunikasi Kementrian Kominfo Dedet Surya Nandika mengatakan, pada pertemuan tersebut akan dibahas mengenai sistem dalam menyampaikan informasi sebagai fungsi humas.

”Informasi pemerintah mengenai pembangunan ini harus sampai ditelingan masyarakat agar mereka mengetahuinya,” jelas Dedet kepada wartawan kemarin (16/11).

Dedet mengatakan, pada acara ini juga akan dihadiri beberapa pejabat publik dari Kementerian Kominfo, Menteri Pemberdayaan Desa, Menteri Keuangan, dan staf Keprisidenan.

Dia mengatakan, dalam Bakohumas ini juga akan dibahas peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang memiliki manfaat sebagai fasilitator dalam menyebarkan Informasi pemerintahan di masyarakat. ” Ada kurang lebih 800 orang humas, baik dari kementerian maupun dari daerah,” ungkapnya.

Dedet menuturkan, beberapa keberhasilan dalam pembangunan harus disampaikan melalui peran humas. Sehingga apa yang dibuat kepala negara atau kepala daerah bisa diketahui masyarakat.

Selain itu, peran pemanfaatan dalam media sosial saat ini menjadi sangat penting. Media sosial juga memudahkan interaksi dengan instansi pemerintahan.

”Dari sini peran humas harus mampu menguasai berbagai perkembangan yang ada, seperti komunikasi, teknologi informasi. Termasuk memanfaatkan jaringan KIM,” kata dia.

Dedet menambahkan, tolok ukur keberhasilan menyampaikan informasi yang dilakukan humas saat ini belum memiliki takaran pasti. Sebab parameter keberhasilan humas bukan seperti mengerjakan sebuah proyek. ”Ini juga akan dibahas bersama dalam pertemuan tersebut. Di samping peningkatan SDM yang berkecimpung dalam bidang kehumasan harus di-upgrade,” pungkas dia. (yan/rie)

Tinggalkan Balasan