Bupati Bandung Lantik FKDM

bandungekspres.co.id, SOREANG – Bupati Bandung Dadang M Naser melantik pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) masa bhakti 2016-2021, di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung di Balesawala, belum lama ini. Forum tersebut sebagai wadah bagi element masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat.

”Ini merupakan upaya preventif kita semua, untuk konsen pada kewaspadaan dini terhadap ideologi bangsa, yang saat ini terdegradasi khususnya di Kabupaten Bandung dengan segala dinamika yang ada,” ucap Dadang.

Kondisi Kabupaten Bandung yang sangat luas, kata Dadang tidak menutup kemungkinan akan terjadi segala persoalan. Mulai dari dinamika sosial, politik, etnis, agama sampai bencana alam.

Dadang mengungkapkan pentingnya keseriusan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, akan mempengaruhi laju pembangunan bangsa itu sendiri. Hal tersebut kata dia dapat diaplikasikan dengan menjaga komitmen untuk menjadikan Pancasila sebagai dasar dan falsafah sekaligus perekat bangsa.

”Menjaga kesatuan dan persatuan bangsa, adalah sebuah keharusan. Dengan mengaplikasikan Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara kita, mari kita jaga komitmen untuk pembangunan Kabupaten Bandung,” imbuhnya.

Bersamaan dengan itu, Dadang berharap polemik permasalahan yang sedang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia saat ini, tidak terjadi di Kabupaten Bandung. Menurutnya tugas FKDM sebagai garda terdepan akan sinergis, jika semua element berperan aktif menjalankan tugasnya. Seperti diamanatkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 12 Tahun 2006 tentang kewaspadaan dini masyarakat daerah.

Menanggapi hal itu Kepala Badan Kesbangpol Iman Irianto Sudjana berharap kehadiran FKDM di wilayahnya, mampu berperan aktif dan sigap dalam mendeteksi berbagai potensi permasalahan yang belum terjadi. Sehingga kata dia FKDM bisa mengurangi bahkan menghilangkan dampak negatifnya.

”Kami mengharapkan FKDM menjadi jaring dan mitra aparat intelijen di daerah dalam mendeteksi potensi-potensi konflik sosial dan kerawanan sosial yang terjadi di masyarakat, khususnya di Kabupaten Bandung,” sebutnya.

Sementara Kepala Bidang Kewaspadaan dan Kerjasama Intelejen Badan Kesbangpol Sudiro, S.Sos mengatakan, sebanyak 12 pengurus baru FKDM, dilantik melalui Keputusan Bupati Bandung nomor 330/ Kep.633-BAKESBANGPOL/ 2016 tentang Pembentukan FKDM Kabupaten Bandung Masa Bhakti 2016-2021, pada tanggal 30 September 2016.(gun/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan