Anggaran Bencana Andalkan Sumbangan

”Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Sumedang maupun Bandung agar sungai yang melintas di dua kabupaten itu harus segera ada pengerukan,” kata Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa di Jatinangor, kemarin.

Menurutnya, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) juga harus secepatnya melakukan normalisasi sungai Cikijing dan Sungai Citarik yang pada akhirnya berkesinambungan ke sungai induknya, yakni Sungai Citarum. Sungai tersebut yang menjadi penyebab banjir.

”Dua bupati yang ada di Kabupaten Sumedang dan Bandung harus melakukan koordinasi dan berupaya agar terus terintegrasi untuk mengatasi solusi banjir yang sering merendam jalan tersebut. Ini harus jadi perhatian agar banjir diharapkan tidak lagi terjadi,” harapnya.

Selain itu, kata Iwa masyarakat dan komunitas yang ada di Jawa Barat harus kembali membangun gorong-royong dalam upaya kesadaran untuk menjaga lingkungan. Dengan begitu, upaya yang dilakukan oleh Pemprov Jabar, masyarakat dan komunitas juga dapat mengatasi persoalan kebencanaan secara bertahap. (yan/kos/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan