Dampak Aksi Demo Ahok di Jakarta, Sekolah Kristen Diliburkan

Sementara itu, Pengurus Wilayah Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar mengatakan, melarang anggotanya untuk mengikuti aksi tersebut. Hal tersebut sebagaimana keputusan dan intruksi dari PBNU dan PP Ansor. ”Kami juga akan menjaga segala keharmonisan dan ketentram di Indonesia,” ucapnya.

Pihaknya juga mengimbau agar para anggota tidak terprovokasi. Khusus penegakan hukum, pihaknya lebih menyerahkan kepada pihak yang berwajib.

Pihaknya memastikan tidak ada atribut Ansor untuk aksi hari ini. ”Untuk yang ikut aksi, tetap dalam koridor damai dan tertib,” ucapnya.

Sementara itu, Kodam III/Slw sudah menginstrusikan seluruh jajarannya untuk siaga dalam mengantisipasi segala kemungkinan pada demo Ahok di Jakarta hari ini (4/11).

Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI JP Sembiring menegaskan, sudah melakukan koordinasi di seluruh wilayah teritorial Jabar dan Banten melalui Kodim-Kodim dan Koramil untuk selalu siaga. Dia juga sudah menekankan pendekatan persuasif dalam bentuk imbauan kepada pendemo.

”Kita sudah imbau organisasi-organisasi yang hendak melakukan demo ke Jakarta agar bersikap tertib dan mengutamakan kedamaian,” jelas Sembiring ketika ditemui usai apel siaga di halaman Gedung Sate, kemarin (3/11).

Meskipun tidak menyebutkan jumlah personel yang dikerahkan, pihaknya mengaku sudah menyiagakan prajurit TNI di setiap titik yang dinilai berpotensi kerawanan. Dia hanya menyebutkan, akan menyebar anggotanya di beberapa titik perbatasan antara Jabar-Banten dan Jakarta yang merupakan titik berkumpulnya pendemo.

”Yang tak kalah pentingnya jangan sampai terprovokasi. Ini selalu saya tekankan ke seluruh prajurit Kodam III/Slw,” ungkap Sembiring. (nit/yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan