Berangkat Tanpa Jandika Eka

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Kualitas pemain yang ikut dalam pemusatan latihan (TC) Tim Nasional (Timnas) Indonesia di Lapangan Sekolah Pelita Harapan Karawaci, Tangerang-Banten sepertinya sudah merata. Kondisi itu pula yang membuat Alfred Riedl kesulitan memilih pemain untuk dibawa ke Yangon. Rencannya, pada hari Jumat (4/11), Timnas Indonesia akan melakukan laga ujicoba internasional melawan timnas Myanmar.

Buktinya, pelatih asal Austria itu akhirnya memutuskan untuk membawa semua pemain yang mengikuti TC tersebut. Kecuali Jandia Eka Putra, kiper utama Semen Padang terpaksa ditinggalkan di tanah air. Tercatat, Jandia masih mengalami cendera leher dalam dua hari terakhir.

”Sebenarnya kualitas Jandia cukup bagus tapi tidak kalah dengan kiper lainnnya. Hanya saja, dia mengalami cedera ringan di bagian leher beberapa hari terakhir,” kata Gatot Prasetyo, pelatih kiper Timnas, kemarin (1/11).

”Padahal, menurut saya, semua kiper layak di bawah ke Myanmar. Selain menjaga kebersamaan, juga untuk menambah pengalaman setiap pemain,” timpalnya.

Jandia mengalami ketegangan pada otot lehernya setelah bangun pagi, kemarin. Meski sudah mendapat perawatan dari tim medis dan pelatih fisik, Jandia juga tidak menunjukan tanda-tanda untuk sembuh. Enggan menerima resiko, tim pelatih akhirnya memutuskan untuk mencoret kiper berambut gondrong itu dari list pemain ke Myanmar.

Dalam daftar pemain yang dibawah ke Myanmar tersebut, Riedl memutuskan untuk membawa 23 pemain dari Indonesia. Tiga di antaranya adalah penjaga gawang, masing masing  kiper Arema Cronus Kurnia Meiga, Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta) dan Dian Agus Prasetyo (Pusamania Borneo FC).

Padahal, kondisi dua kiper yang lebih dulu disebut di atas juga sedang bermasalah dengan kebugaran karena masih dalam tahap recovery dari cedera.  Gatot mengatakan, dua hari tersisa bisa dimanfaatkan oleh Kurnia Meiga dan Andritany untuk segera kembali ke performa terbaik mereka.

Alfred Riedl sendiri mengkui bahwa, sebelumnya dia hanya berencana membawa 20 pemain dari hasil latihan di Karawaci tersebut. Sebab, sudah menyusul tiga pemain yang saat ini masih di luar negeri. Yaitu, Irfan Bachdim yang sedang berada di Jepang, Andik Vermansah dari Malaysia serta Stefano Lilipaly dari Belanda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan