Perjalanan Tim Pesona Delta, Juara Sayembara City Branding

Bukan hanya logo, tagline pun gonta-ganti. ”Awalnya, ada Sidoarjo Gemilang, Sidoarjo Berseri, sama Pesona Delta. Sempat kepikiran heritage juga,” kata Icha. Dia masih menyimpan beberapa desain opsi tagline di laptopnya.

Namun, setelah perundingan selama dua jam, dipilih Pesona Delta untuk dijadikan senjata saat lomba. Perempuan yang juga selalu terinspirasi presentasi Steve Jobs itu menyebutkan, tagline tersebut kalau dialihbahasakan juga bagus, Wonderful Sidoarjo.

Kerja keras dalam waktu seminggu setelah riset itu pun belum cukup. Tantangan makin besar kala Tim Pesona Delta menjadi finalis di sepuluh besar dan harus mempresentasikan karya di hadapan lima juri yang berkompeten plus beberapa kepala SKPD Kabupaten Sidoarjo.

Saat sesi presentasi itu, banyak pengalaman berharga sekaligus lucu yang mereka rasakan. Harist sempat bingung saat functional pattern dan grid system logo karya timnya diserang.

”Soalnya, ini memang belum sempurna. Belum presisi,” ujar anak sulung pasangan Arif Santoso, 48, dan Wahyu Imanti, 50, tersebut.

Dia memperlihatkan bahwa jarak antara logo dan tulisan masih kurang sempurna. Bukan hanya Harist, Icha pun tak kalah gelisah. ”Aku gugup banget. Apalagi lihat wajah-wajah jurinya. Kalau aku salah, pasti habis,” tutur Icha.

Dia bahkan sampai salah sebut ketika presentasi. Seharusnya dinas perikanan dan kelautan, tapi dia sebut dinas kelautan dan pertanian. Kesalahan itu sampai membuat beberapa undangan tercengang.

Lain lagi Ryan. Dia cenderung paling tenang. Sebab, jam terbang ikut sayembaranya tinggi. Dia juga pernah memenangi kompetisi desain kemasan tingkat Jawa Timur yang diadakan dinas perindustrian dan perdagangan (disperindag).

Dia mendesain kemasan sambal khas Jawa Timur. ”Itu prestisius bagiku soalnya sampai dipamerkan ke Asia Star 2016 di Turki kemarin,” ujar pemuda yang juga hobi bermain futsal itu.

Bagi Ryan, keikutsertaannya di sayembara city branding memiliki kesan tersendiri. Angka 6 membawa keberuntungan.

”Kami dapat nomor peserta 66. Terus, pas presentasi, dapat nomor urut 6. Angka setan!” ujarnya, lalu tertawa. (c11/dio/sep/JPG)

Tinggalkan Balasan