Pramuka Harus Mandiri dan Berjiwa Wirausaha

bandungekspres.co.id, CIBIRU – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Bandung Yossi Irianto berharap, pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) yang baru dilantik bisa melaksanakan tugas dan amanat Musran dan merealisasikan Program kerja selama masa bakti 2016-2021. ”Kepada Mabiran, agar bisa melaksanakan program kerja pengurus dengan sebaik-baiknya,” tukas Yossi saat rapat kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bandung di Balai Benih Ikan, Cibiru Bandung, belum lama ini.

Yossi meminta kepengurusan Mabiran Kota Bandung agar dapat mengawal kaum muda menjadi generasi muda yang baik serta generasi berkarakter. ”Hal itu mengingat generasi muda saat ini diproyeksikan menjadi pemilik masa depan, dan Pramuka memiliki peran strategis untuk membangun karakter generasi muda,” ungkap Yossi.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwarcab Pramuka Kota Bandung Deni Nurdyana mengatakan, secara organisasi Gerakan Pramua Kota Bandung akan membenahi tata kelola organisasi agar Pramuka mempunyai jiwa mandiri dan berbasis kewirausahaan.

”Secara organisasi Kwarcab Kota Bandung akan membenahi tata kelola organisasi agar Pramuka ke depan mempunyai jiwa mandiri dan berbasis kewirausahaan, dan melakukan pembenahan program dan kepengurusan di semua kwartir ranting, saka dan gugus depan,” ujar Deni.

Adapun mengenai program unggulan dalam waktu dekat, akan melaksanakan kemah Bhakti sekaligus HUT Pramuka Kota Bandung yang akan diikuti 13.900 anggota. Serta mengembalikan kebesaran dan menjadi Pramuka tergiat di Jawa Barat dan nasional dengan mendayagunakan potensi yang ada.

Senada dengan Deni, Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Bandung Taufik Hidayat mengatakan, tim program bidang organisasi salah satunya adalah rapat kerja tahunan untuk membahas program kerja satu tahun kedepan. Adapun saat ini hanya akan dibahasa program kerja selama tiga bulan ke depan.

”Karena kita baru dilantik beberapa bulan lalu, saat ini program kerja yang dibahas pada raker ini meliputi program selama tiga bulan sampai akhir Desember,” terangnya.

Adapun program unggulan dalam tiga bulan ke depan salah satunya ada kemah bakti dalam rangka konsolidasi dan memperingati hari pramuka tingkat Kota Bandung yang puncaknya akan dilaksanakan pada pertengahan bulan November 2016.  ”Peserta kemah bakti yang ikut serta diharapkan mencapai lebih dari 12 ribu orang,” terang Taufik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan