Menang Tapi Tak Signifikan, Rosberg-Hamilton Kini Berjarak 26 Poin

bandungekspres.co.id, AUSTIN – Skenario bintang Mercedes Lewis Hamilton untuk terus menghidupkan asanya mempertahankan gelar juara dunia Formula 1 berjalan tak sesuai harapan. Meski menang dengan dominasi solid sejak start hingga finis, pembalap Inggris tersebut tak berhasil memangkas secara signifikan defisit poinnya.

Hamilton hanya mampu mengepras tujuh poin dari keunggulan Rosberg. Dari yang sebelumnya 33 menjadi 26 poin. Itu setelah sang rival juga berhasil finis kedua sesuai dengan skenario aman untuk mempertahankan posisinya sebagai kandidat terkuat juara dunia musim ini.

Jika skenario ini terulang di tiga seri berikutnya Rosberg bakal merengkuh gelar juara dunia pertamanya dengan keunggulan lima poin. Dengan mobil tangguh ditambah memulai posisi balapan yang sempurna, membuat Hamilton nyaris tak terbendung.

Bahkan, di setiap lap dalam balapan sepanjang 56 putaran dinihari kemarin (24/10). Balapan di Circuit Of The Americas (COTA) Austin, Texas itu berlangsung tanpa drama besar bagi dua pembalap Mercedes. Karena tak banyak halangan berat yang mereka hadapi sepanjang lomba.

Sebenarnya Hamilton punya peluang mengepras selisih poinnya lebih besar daripada sekedar tujuh angka. Bintang Red Bull – TAG Heuer Daniel Ricciardo cukup lama berada di posisi kedua memisahkan Hamilton dan Rosberg.

Pada lap 20 Hamilton sudah berjarak lima detik di depan Ricciardo di posisi kedua, dan Rosberg di tempat ketiga. Jika posisi itu bertahan sampai akhir Hamilton bisa mempersempit jaraknya di klasemen hingga 12 poin.

Lima lap berikutnya Rosberg sudah berada di jangkauan DRS di belakang Ricciardo. Red Bull kemudan memanggil Ricciardo untuk melakukan pitstop kedua. Membuat posisi Rosberg naik ke urutan kedua. Momen krusial datang saat rekan satu tim Ricciardo, Max Verstappen tiba-tiba masuk pit pada lap 27 saat para mekanik di garasi belum siap.

”Ada apa Max?” tanya suara dari pit wall. ”Oh aku pikir kau memintaku pit,” jawabnya.

Usai lomba Verstappen menjelaskan satu lap sebelum pit stop tersebut pit wall memerintahkannya untuk lebih menggeber mobilnya. Perintah itu diterjemahkannya dengan masuk pit untuk mengganti ban.

Tinggalkan Balasan