Persaingan Masih Terbuka, PSSI Rilis 40 Nama Pemain

bandungekspres.co.id, JAKARTA– Kans 40 pemain yang sudah didaftarkan PSSI untuk mengikuti Piala AFF 2016 masih terbuka lebar. Walaupun sekarang hanya ada 25 pemain yang menjalani pemusatan latihan (TC) di Sleman, Jogjakarta, nantinya hanya ada 23 pemain yang akan dibawa ke Filipina untuk menjalani fase grup A.

Meski saat ini kebijakan dua pemain setiap klub masih diterapkan, daftar 40 pemain yang ada membuka peluang untuk memaksimalkan pemain terbaik Indonesia. Sewajarnya, klub memang rela melepas pemainnya demi kepentingan Timnas Indonesia yang lebih besar.

Asisten pelatih Timnas Indonesia Wolfgang Pikal menerangkan,  kalau perhatian timnya lebih banyak dicurahkan untuk pembentukan tim utama. Dia mengharapkan setiap klub di Indonesia sadar untuk bisa memberikan tenaga pemain mereka demi membela timnas.

Dalam latihan, tim pelatih timnas masih menggenjot aspek fisik pemain. ”Dalam hal ini ada dua poin utama, endurance dan menghindarkan pemain dari cedera,” katanya kepada Jawa Pos (Induk Jabar Ekspres) kemarin (23/10).

Pikal mengatakan kalau para pemain yang mengikuti TC terlihat antusias dalam menjalankan setiap program latihan yang dijadwalkan timnya. Tercatat, saat ini timnas hanya memilki16 hari latihan. Serta terdapat dua laga uji coba.

Dalam rilis yang disampaikan PSSI, 40 nama sudah masuk dalam rencana besar timnas Indonesia. Enam diantaranya merupakan pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang. Adapun di posisi penyerang juga ada enam pemain yang akan bersaing menempati posisi utama di skuad Garuda.

Di posisi gelandang, PSSI memang menggaransi posisi Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly keduanya dalam daftar 40 pemain yang didaftarkan. Keduanya kini memang masih memperkuat tim masing-masing. Andik di Malaysia bersama Selangor FA, sedangkan Lilipaly di Belanda dengan SC Telstar.

Andik menyampaikan sekali lagi kalau dirinya enggan diistimewakan. Dia merasa kans buat setiap pemain sama besarnya untuk menuju ajang Piala AFF. ”Karena saya yakin setiap pemain ingin memperkuat Timnas, termasuk saya,” ujarnya.

Terakhir kali Andik memperkuat Timnas yakni saat SEA Games 2013 Myanmar di kelompok Timnas U-23. Edisi Piala AFF 2016 kali ini akan menjadi comeback perdana buat Arek Suroboyo itu di pentas resmi internasional bersama timnas Indonesia. (nap/nit)

Tinggalkan Balasan