Glasgow Celtic vs Manchester City: Pelatih Beda, Mental Sama

Dalam era Guardiola, 10 menit pertama digunakan untuk membangun serangan ke defense klub lawan. Itu yang kemudian dijadikan celah tuan rumah untuk langsung memberikan ancaman ke gawang Claudio Bravo. ”Ini menjadi pelajaran penting bagi kami untuk ke depannya. Kami masih punya sedikit masalah dengan build up serangan kami. Meski, pemain sudah bermain bagus,” puji entrenador yang di Barcelona sempat menyumbangkan dua trofi Liga Champions itu.

Sebenarnya, City sudah sering selamat dari lubang jarum setelah tertinggal terlebih dulu. Tetapi, itu lebih sering terjadi di Premier League atau ajang domestik yang lain seperti Piala FA dan Piala Liga. Di Eropa, City lebih sering gagal. Termasuk ketika musim lalu City disingkirkan Real Madrid dari fase empat besar semifinal Liga Champions dengan kekalahan 0-1 di leg kedua di Santiago Bernabeu (5/5).

”(Kompetisi) Eropa itu spesial, tim-tim yang bermain di sini sangat kuat, tidak peduli dari mana tim itu berasal. Apalagi lawan hari ini Celtic, klub dengan sumber daya menakjubkan dan fansnya yang sedemikian fanatiknya. Seperti yang saya bilang, kami belum sempurna,” tutur Guardiola. Pelajaran ini yang harus diperhatikan penggawa City.

Apalagi, akhir pekan ini (2/10) mereka sudah kembali menjalani laga yang tidak kalah ketatnya dengan laga dini hari kemarin. City memainkan laga tandang menghadapi Tottenham Hotspur di White Hart Lane, London. ”Kami tidak akan panik. Karena kami memang tidak menang dalam laga ini, tetapi kami tidak kalah,” lanjutnya.

Berbicara kepada BBC Sports, Brendan Rodgers sebagai juru taktik Celtic mengakui timnya di laga ini sudah belajar dari kekalahan 0-7 atas Barca dalam matchday pertama Grup C, dua pekan yang lalu (14/9). ”Malam ini (kemarin) kami hanya memberikan sedikit space untuk mereka,” klaim mantan pelatih Liverpool itu.

Walaupun tidak menjadi korban keganasan era awal musim Guardiola di City, Rodgers merasa kecewa dengan konsentrasi defense-nya. Terutama setelah mampu mengungguli City. ”Terlepas semua itu, performa tim ini sungguh di luar dugaan. Untuk tampil seperti ini tadi melawan klub yang sehebat Man City, itu penampilan yang fantastis,” tegasnya. (ren/asp)

Tinggalkan Balasan